UPAYA GURU DALAM MENGOPTIMALKAN PEMANFAATAN MEDIA ALAM SEKITAR PADA PEMBELAJARANTEMATIK DI MI HARAPAN BANGSA KOTA BLITAR

INDANA NUR SAIDAH, 1720516110 (2020) UPAYA GURU DALAM MENGOPTIMALKAN PEMANFAATAN MEDIA ALAM SEKITAR PADA PEMBELAJARANTEMATIK DI MI HARAPAN BANGSA KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Dalam Mengoptimalkan Pemanfaatan Media Alam Sekitar pada Pembelajaran Tematikdi MI Harapan Bangsa Kota Blitar”ini ditulis oleh Indana Nur Saidah, NIM 17205163110, dibimbing oleh Bapak Dr.Agus Purwowidodo,M.Pd. Kata Kunci : Upaya Guru, Pemanfaatan, Media Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterlibatan penggunaan alam dalam pembelajaran, padahal belajar menggunakan alam sangat bagus digunakan sebagai tempat proses pembelajaran. Alam digunakan sebagai tempat untuk melakukan proses belajar mengajar, dan apa yang bisa kita gunakan dari alam sebagai alat peraga atau pendukung dalam proses belajar. Agar siswa tidak hanya memahami materi yang diberikan oleh guru sebatas ide, tetapi juga bisa dipelajari secara empiris. Media alam adalah segala sesuatu yang ada di alam yang dapat membantu dalam mencapai tujuan yang tepat dan sesuai kebutuhan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media alam sekitar flora, fauna, dan sumber daya alam di MI Harapan Bangsa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisispan, dan dokumentasi. Data analisis dengan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan verivikasi data. Pengecekan keabsahan yang dilakukan peneliti yaitu keikutsertaan, keajegan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1)Pemanfaatan flora yang digunakan ketika pembelajaran guru selalu menyesuaikan dengan materi yang akan dipelajari. Dan materi yang digunakan sesuai dengan kurikulum yang ada. Kegiatan belajar peserta didik ketika guru memanfaatkan media alam sekitar menggunakan flora yaitu kegiatan diluar kelas. Guru mengajak peserta didik untuk belajar diluar kelas dengan menggunakan sarana dan prasarana yang sudah di sediakan madrasah, seperti kegiatan belajar di hutan madrasah. Kegiatan belajar diluar kelas menggunakan media alam sekitar flora membuat peserta didik aktiv dan sangat antusias ketika pembelajaran.(2) Dalam pemanfaatan media fauna di MI Harapan Bangsa peneliti menemukan bahwa penggunaan media alam sekitar fauna membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan memberikan makna tersendiri bagi peserta didik. Sehingga memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Media alam fauna yang digunakan saat pembelajaran tidak hanya di halaman sekolah saja, tetapi di perkampungan warga dan juga di kebon rojo.Metode yang digunakan oleh guru ketika pembelajaran menggunakan media alam sekitar fauna sangat berfariativ. Tujuan guru dalam penggunaan metode yang bervariatif adalah untuk membuat pembelajaran tidak terasa bosan. Kegiatan belajar peserta didik ketika guru memanfaatkan media alam menggunakan fauna dilakukan di luar kelas. Guru memanfaatkan halaman madrasah untuk kegiatan pembelajaran. Sesekali guru memanfaatkan perkampungan warga ketika pembelajaran menggunakan media alam fauna. Kegiatan belajar diluar kelas menggunakan media alam sekitar fauna membuat peserta didik lebih mudah memahami materi yang disamapikan guru, karena peserta didik dapat melihat langsung materi yang mereka pelajari.(3) Pemanfaatan media alam sekitar sumber daya alam di MI Harapan Bangsa peneliti juga menemukan bahwa tersedianya sarana dan prasarana sumber daya alam di MI Harapan Bangsa berupa biopori. Pemanfaatan sumber daya alam sekitar di MI Harapan Bangsa yaitu guru mengajarkan semua peserta didik untuk memanfaatkan kembali air bekas cucian tangan mereka untuk digunkan menyiram tanaman yang ada di kebun kecil di depan kelas mereka masing-masing. Bahan ajar yang guru gunakan ketika pembelajaran menggunakanmedia alam sekitar sumber daya alam adalah buku tematik. Ketika guru memanfaatakan media alam sekitar sumber daya alam akan di sesuaikan dengan apa yanag akan dipelajaran dalam buku ajar tematik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1720516110 INDANA NUR SAIDAH
Date Deposited: 27 Oct 2020 04:18
Last Modified: 27 Oct 2020 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17097

Actions (login required)

View Item View Item