MANAJEMEN BUDAYA ORGANISASI DALAM MEMBENTUK AKHLAK KARIMAH PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM ADIWIYATA BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP DI MAN 1 JOMBANG

GITA IMANING FARICHAH, 17207163035 (2020) MANAJEMEN BUDAYA ORGANISASI DALAM MEMBENTUK AKHLAK KARIMAH PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM ADIWIYATA BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP DI MAN 1 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Budaya Organisasi dalam Membentuk Akhlak Karimah Peserta Didik melalui Kegiatan Adiwiyata Berwawasan Lingkungan Hidup di MAN 1 Jombang” yang ditulis oleh Gita Imaning Farichah, NIM. 17207163035, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Budaya, Organisasi, Akhlak Karimah, Adiwiyata Penelitian ini membahas tentang Manajemen Budaya Organisasi dalam Membentuk Akhlak Karimah Peserta Didik melalui Kegiatan Adiwiyata Berwawasan Lingkungan Hidup di MAN 1 Jombang. Budaya organisasi dalam lembaga pendidikan formal memiliki peran penting terhadap akhlak karimah peserta didik. Melalui kegiatan adiwiyata para peserta didik di MAN 1 Jombang juga diajarkan untuk mecintai lingkungan hidup seperti membuang sampah sesuai jenisnya, merawat tumbuhan dan binatang yang ada didalam madrasah. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kepala madrasah untuk membentuk akhlak karimah peserta didik melalui budaya organisasi kegiatan adiwiyata berwawasan lingkungan hidup? (2) Bagaimana pelaksanaan kepala madrasah untuk membentuk akhlak karimah peserta didik melalui budaya organisasi kegiatan adiwiyata berwawasan lingkungan hidup? (3) Bagaimana evaluasi kepala madrasah untuk membentuk akhlak karimah peserta didik melalui budaya organisasi kegiatan adiwiyata berwawasan lingkungan hidup ? Skripsi ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perencanaan kepala madrasah dalam membentuk akhlak karimah peserta didik melalui budaya organisasi kegiatan adiwiyata berwawasan lingkungan hidup. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan kepala madrasah dalam membentuk akhlak karimah peserta didik melalui budaya organisasi kegiatan adiwiyata berwawasan lingkungan hidup. (3) Untuk mengetahui evaluasi kepala madrasah dalam membentuk akhlak karimah peserta didik melalui budaya organisasi kegiatan adiwiyata berwawasan lingkungan hidup. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif, dengan mengambil latar Manajemen Budaya Organisasi dalam Membentuk Akhlak Karimah Peserta Didik melalui Kegiatan Adiwiyata Berwawasan Lingkungan Hidup di MAN 1 Jombang. Sumber data yang diambil dari kepala madrasah, serta beberapa tenaga pendidik dan kependidikan MAN 1 Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data meliputi credibility (derajat kepercayaan), transferability (keteralihan), dependability (kebergantungan), confirmability (kepastian).Hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) kepala madrasah melakukan perencanaan sebelum memulai program kerja dengan melibatkan beberapa tenaga pendidik dan kependidikan beserta perwakilan komite madrasah dan perwakilan dari peserta didik. (2) untuk pelaksanaan budaya organisasi dalam membentuk akhlak karimah peserta didik melalui kegiatan adiwiyata berwawasan lingkungan hidup dilakukan secara gotong royong oleh seluruh warga madrasah, sedangkan untuk program kerja adiwiyata ada beberapa team work yang dibentuk oleh kepala madrasah dengan penanggung jawabnya. (3) melalui evaluasi, madrasah dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari program kerja sebelumnya. Hal demikian digunakan menjadi bahan pertimbangan sebelum diputuskan program kerja baru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163035 Gita Imaning Farichah
Date Deposited: 27 Oct 2020 04:48
Last Modified: 27 Oct 2020 04:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17102

Actions (login required)

View Item View Item