PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

YENI DIANATUN NIKMA, 17205163356 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pegaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas V di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Yeni Dianatun Nikma, NIM 17205163356, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, minat belajar dan hasil belajar. Model pembelajaran yang kurang menarik menyebabkan rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang menarik yaitu model pembelajaran Snowball Throwing. Model pembelajaran Snowball Throwing adalah model pembelajaran dengan menggunakan bola pertanyaan dari kertas yang digulung bulat berbentuk seperti bola kemudian dilemparkan secara bergiliran diantara sesama siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas V di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung ?. 2) Adakah pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas V di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung ?. 3) Adakah pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas V di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung ?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas V di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas V di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 3) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas V di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimentak semu (Quasi Eksperimen Design). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Adapun uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran snowball throwing terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas V di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai Sig.(2-tailed) pengaruh yang < 0,05 atau 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Ada positif dan signifikan penggunaan model pembelajatan snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas V di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai Sig.(2-tailed) pengaruh yang < 0,05 atau 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. 3) Adapengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran snowball throwing terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas V di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan dari uji manova menunjukkan bahwa hasil pada Pilla’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largest Root yang terdapat pada effect factor dan diperoleh keseluruhan data yang sama yaitu sebesar 0,000. Jadi nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing mampu meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih Kelas V di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163356 YENI DIANATUN NIKMA
Date Deposited: 02 Nov 2020 06:18
Last Modified: 02 Nov 2020 06:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17121

Actions (login required)

View Item View Item