UMI MA’LUVIATI, 17205163285 (2020) ANALISIS KREATIFITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDI AL-BADAR KEBONSARI TRENGGALEK ANALISIS KREATIFITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDI AL-BADAR KEBONSARI TRENGGALEK ANALISIS KREATIFITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDI AL-BADAR KEBONSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (69kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (200kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (48kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (16kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (23kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kreatifitas Guru dalam Pemanfaatan Media pada Pembelajaran Tematik” ini ditulis oleh Umi Ma’luviati, NIM. 17205163285, pembimbing Dita Hendriani, M.A. Kata kunci : Kreatifitas guru, pemanfaatan media, pembelajaran tematik. Kreatifitas adalah kemampuan seseorang dalam melakukan suatu hal yang baru atau mencoba hal yang belum pernah dilakukan dan menciptakan suatu hal yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dari yang sudah ada. Kreatifitas dalam memanfatkan media pembelajaran bisa berupa produk atau memanfaatkan media yang ada di sekitar kita. Media dalam pembelajaran tematik merupakan sarana bagi guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Tanpa adanya media, kegiatan belajar mengajar terkesan monoton yang menyebabkan siswa merasa bosan sehingga diperlukan kreatifitas guru dalam pemanfaatan media. tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan bentuk bentuk kreatifitas guru dalam perencanaan dan pemilihan media pada pembelajaran tematik di SDI Al- Badar Kebonsari Trenggalek, (2) Mendeskripsikan strategi guru dalam memanfaatkan media pada pembelajaran tematik di SDI Al-Badar Kebonsari Trenggalek, (3) Mendeskripsikan hambatan yang dialami guru dalam memanfaatkan media pada pembelajaran tematik di SDI Al- Badar Kebonsari Trenggalek. Penelitianinimenggunakanjenispenelitiankualitatif. Penelitian dilakuknan di SDI Al- Badar Kebonsari Trenggalek. Subyek data yang dipilih dalam penelitian ini yaitu guru kelas II A dan V B SDI Al- Badar Kebonsari Trenggalek. Pemilihan subyek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Dalammengumpulkan data penelitimenggunakanteknikwawancara, observasi dan studidokumentasi. Penelitimenggunakanteknikanalisis data berupareduksi data, penyajian data, penarikankesimpulanatauverifikasi. Pengecekankeabsahantemuan, penelitimenggunakanperpanjangankeikutsertaan, ketekunanpengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) bentuk-bentuk kreatifitas guru dalam perencanaan dan pemilihan media pada pembelajaran tematik yaitu memilih media yang sesuai dengan materi, memanfaatkan lingkungan sekitar, memanfaatkan fasilitas yang disediakan sekolah dan pemerintah, LCD Proyektor, dan barang-barang sederhana, (2) Strategi guru dalam memanfaatkan media pada pembelajaran tematik yaitu membuat peserta didik dalam kelompok untuk berdiskusi, membuat pembelajaaran aktif, memilih media yang praktis dan ekonomis yang mampu dipahami oleh peserta didik, (3) hambatan yang dialami guru dalam memanfaatkan media pada pembelajaran tematik yaitu dalam masalah waktu, budget atau pendanaan, guru itu sendiri. Kesimpulannya yaitu guru cukup kreatif sesuai dengan indikator kreatifitas yaitu fluency dan flexibility. Saran untuk guru agar lebih banyak lagi menggali informasi dari berbagai sumber yang relevan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163285 UMI MA’LUVIATI |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 01:52 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 01:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17138 |
Actions (login required)
View Item |