ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 3 KEDIRI

AFUZA FAHMA AGUSTIANINGRUM, 17205163097 (2020) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 3 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengelola Pembelajaran Tematik di MIN 3 Kediri” ini ditulis oleh Afuza Fahma Agustianingrum, NIM. 17205163097, Dosen Pembimbing Drs. H. Jani. M.M., M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Mengelola Pembelajaran Tematik Pendidikan sangat penting dimiliki oleh setiap anak. Karena dengan pendidikan seseorang dapat berkembang sesuai perkembangan zaman. Kurikulum di dunia pendidikan sekarang adalah kurikulum 2013 yaitu suatu sistem pendidikan yang mengimplementasikan pembelajaran tematik. Dalam pembelajaran tematik guru harus berkompenten dalam melaksanakan pembelajaran. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru adalah kompetensi pedagogik. Jika guru memiliki kompetensi pedagogik yang baik maka akan menghasilkan proses pembelajaran yang berjalan secara efektif dan efisien, sehingga mampu mengembangkan kemampuan peserta didiknya baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kemampuan guru dalam memahami peserta didik di MIN 3 Kediri tahun ajaran 2019/2020? (2) Bagaimana kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran tematik di MIN 3 Kediri tahun ajaran 2019/2020? (3) Bagaimana kemampuan guru dalam mengevaluasi hasil belajar pembelajaran tematik di MIN 3 Kediri tahun ajaran 2019/2020?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan guru dalam memahami peserta didik di MIN 3 Kediri tahun ajaran 2019/2020, (2) mendeskripsikan kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran tematik di MIN 3 Kediri tahun ajaran 2019/2020, (3) mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengevaluasi hasil pembelajaran tematik di MIN 3 Kediri tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan studi kasus dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang saya gunakan berupa observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga komponen data yaitu reduksi data, penyajian data (data display), kesimpulan dan verfikasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji trianggulasi, meningkatkan ketekunan, dan perpanjangan keikutsertaan. Tahap-tahap penelitian ini berupa tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap penyelesaian, dan tahap laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru di MIN 3 Kediri adalah: 1) kemampuan guru dalam memahami peserta didik di MIN 3 Kediri sudah cukup baik. Karena guru di MIN 3 Kediri sudah berupaya untuk memahami karakteristik belajar peserta didiknya, tetapi masih ada guru yang kurang mampu dalam mengatur kelas sesuai karakteristik peserta didik, sehingga ada beberapa anak kurang aktif ketika mengikuti pembelajaran. 2) kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran di MIN 3 Kediri sudah baik. Dalam merancang pembelajaran guru di MIN 3 Kediri sudah merancang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan sesuai dengan perubahan sistematika yang terbaru. Sedangkan dalam melaksanakanpembelajaran tematik guru di MIN 3 Kediri sudah mampu melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. 3) kemampuan guru dalam mengevaluasi hasil belajar pembelajaran tematik di MIN 3 Kediri sudah baik, karena dalam mengevaluasi hasil belajar dilakukan secara menyeluruh dengan menggunakan penilaian autentik yang berupa penilaian kompetensi sikap, kompetensi keterampilan dan kompetensi pengetahuan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163097 AFUZA FAHMA AGUSTIANINGRUM
Date Deposited: 17 Nov 2020 01:09
Last Modified: 17 Nov 2020 01:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17162

Actions (login required)

View Item View Item