MIFTAKUL MALA, 17205163203 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MENULIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH ROUDLOTUT THOLIBIN BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (810kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (390kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (437kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (80kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Menulis di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Miftakul Mala, NIM 17205163203, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata kunci: Strategi Guru, Literasi Menulis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa, kesulitan dalam memunculkan ide serta pemanfaatkan sumber sumber belajar yang kurang maksimal. Untuk itu, diperlukan suatu strategi guru dalam meningkatkan kemampuan literasi menulis yang bisa mengembangkan potensi siswa, mengaktifkan siswa, serta menentukan tindakan lanjut yang sesuai untuk siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini: (1) Bagaimana strategi perencanaan guru dalam meningkatkan kemampuan literasi menulis di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana strategi pelaksanaan guru dalam meningkatkan kemampuan literasi menulis di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung? Dan (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam meningkatkan kemampuan literasi menulis di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis deskriptif, kemudian untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini: (1 ) Strategi perencanaan yakni; (a) perencanaan terdapat dalam RPP (b) sumber belajar adalah multisumber (c) pendekatan menggunakan student center (d) metode pembelajaran adalah multimetode (e) literasi menulis berpedoman dari buku GERAM (Gerakan Ayo Membangun Madrasah); (2) Strategi pelaksanaan yakni; (a) kegiatan pembiasaan berupa membaca buku minimal 5 menit (b) kegiatan pengembangan berupa latihan-latihan (c) kegiatan literasi menulis terdapat dalam pembelajaran tematik (d) guru menggunakan ceramah dalam menyampaikan materi (e) penggunaan media belajar (f) terdapat reward (g) guru membimbing siswa. (3) Evaluasi strategi guru yakni: (a) jenis penilaian adalah tes (b) Penilaian berupa aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik (c) fokus penilaian yakni keruntutan penulisan, penggunaan EYD, pemilihan kata, kesesuaian dengan tugas/kesesuaian dengan tema,makna tulisan, serta kerapian, (d) sumber penilaian adalah portofolio hasil karya siswa dan lembar pengamatan guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163203 MIFTAKUL MALA |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 03:21 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 03:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17170 |
Actions (login required)
View Item |