PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSA KATA BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 3 KEDIRI

ALVIN RATIH DWIPURNAMI PUTRI, 17205163293 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSA KATA BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 3 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

ABS TR A K Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab di MIN 3 Kediri” ini ditulis oleh Alvin Ratih Dwipurnami Putri, NIM 17205163293, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang di bimbing oleh Bapak Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci : Media Flash Card, Kemampuan Menghafal Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab, peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, dan daya ingat terhadap kosa kata peserta didik cenderung lemah. hal ini terlihat dari sebagian besar peserta didik yang tidak bisa menjawab pertanyaan kosa kata yang diberikan guru. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) apakah penggunaan media flash card dapat meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab peserta didik di MIN 3 Kediri? 2) adakah perbedaan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab peserta didik yang menggunakan media flash card dan tanpa menggunakan media di MIN 3 Kediri? Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis metode komparatif. Jenis penelitian pada penelitian ini menggunakan quasi experimental design (eksperimen semu). Metode pengumpulan data ini menggunakan tes dan dokumentasi. Tes dilakukan untuk mengukur atau menentukan nilai yang menjadi acuan keberhasilan peserta didik setelah menempuh proses pembelajaran. Dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh berbagai informasi pendukung penelitian ini adapun informasi tersebut antara lain profil madrasah, data jumlah peserta didik, data nama-nama peserta didik, nama-nama staf guru dan foto-foto kegiatan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media flash card terhadap kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab peserta didik di MIN 3 Kediri. Hal ini berdasarkan perhitungan uji paired sampel t-test untuk kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab peserta didik diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,014, maka Hα diterima. 2) Ada perbedaan yang positif dan signifikan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab peserta didik yang menggunakan media flash card dan peserta didik yang tanpa menggunakan media di MIN 3 Kediri. Hal ini berdasarkan perhitungan uji independen sampel t-test untuk perbedaan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0, 023, maka Hα diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163293 ALVIN RATIH DWIPURNAMI PUTRI
Date Deposited: 17 Nov 2020 01:14
Last Modified: 17 Nov 2020 01:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17221

Actions (login required)

View Item View Item