PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTsN 2 KOTA BLITAR

ANILA RISMA NISWAUL LAILI, 17204163238 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (948kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (855kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (675kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Hands On Activity Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar” ditulis oleh Anila Risma Niswaul Laili, NIM. 17204163238 pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Hands On Activity, minat belajar, hasil belajar Penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa dalam menyelesaikan masalah mengenai pelajaran teorema phytagoras dan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini salah satunya dikarenakan siswa kurang dilibatkan oleh guru dalam menyelesaikan permasalahan mengenai matematika, akhirnya membuat siswa merasa bahwa pelajaran matematika itu sulit. Sehingga peneliti menggunakan model Hands On Activity dimana nantinya siswa secara langsung memahami materi melalui aktivitas pemecahan masalah. Selain itu model Hands On Activity dibantu menggunakan alat peraga sehingga siswa lebih berminat dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model Hands On Activity terhadap minat belajar siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar, (2) Untuk mengetahui pengaruh model Hands On Activity terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar, (3) Untuk mengetahui pengaruh model Hands On Activity terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini diambil dari hasil angket minat dan nilai Post-Test, yang kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian: (1) ada pengaruh model Hands On Activity terhadap minat belajar siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar, (2) ada pengaruh model Hands On Activity terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar, (3) ada pengaruh model Hands On Activity terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163238 ANILA RISMA NISWAUL LAILI
Date Deposited: 18 Nov 2020 07:42
Last Modified: 18 Nov 2020 07:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17227

Actions (login required)

View Item View Item