PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PLUS SUWARU BANDUNG TULUNGAGUNG

PRAMANA, ARI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PLUS SUWARU BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB 1-5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
arab ari.pdf

Download (193kB)
[img] Text
depan.pdf

Download (391kB)
[img] Text
Ingris Ari.pdf

Download (84kB)
[img] Text
daftar rujukan.pdf

Download (71kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015” Ini ditulis oleh Ari Pramana, NIM : 3217113010, skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci : Model Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar, Sains. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) selama ini lebih menekankan kepada metode pembelajaran yang konvensional, di mana saat proses pembelajaran berlangsung gurulah yang cenderung lebih aktif dan siswa hanya pasif, sehingga siswa merasa cepat bosan. Akibatnya, Hasil belajar siswa kurang baik. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar Sains materi Energi Panas, IV-B di MIM Plus Suwaru, Bandung, Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah(1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada mata pelajaran Sains materi pokok bahasan energi panas pada siswa kelas IV-B MIM Plus Suwaru Bandung Tulungagung? (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains materi pokok bahasan energi panas dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada siswa kelas IV-B MIM Plus Suwaru Bandung Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada mata pelajaran Sains Pokok Bahasan Energi Panas Pada Siswa Kelas IV MIM Plus Suwaru Bandung Tulungagung. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains Pokok Bahasan Energi Panas dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together Pada Siswa Kelas IV MIM Plus Suwaru Bandung Tulungagung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas IV-B MIM Plus Suwaru Bandung Tulungagung dengan jumlah 20 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan, bahwa hasil belajar siswa telah meningkat. Peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dengan nilai siswa yang semakin membaik. Nilai rata-rata siswa pada tes formatif siklus I yaitu 71,50 dengan persentase ketuntasan belajar 65,00%. Kemudian nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat menjadi 86,50 dengan persentase ketuntasan belajar 85,00%. Data tersebut membuktikan, bahwa hasil belajar siswa bisa meningkat dengan penerapan model pembelajaran numbered heads together.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ARI PRAMANA
Date Deposited: 01 Dec 2015 06:48
Last Modified: 01 Dec 2015 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1729

Actions (login required)

View Item View Item