ULFATUN NI’MAH, 17204163175 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI MTsN 9 KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (715kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (492kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (708kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (319kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (196kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Garis dan Sudut di MTsN 9 Kediri Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Ulfatun Ni’mah, NIM. 17204163175, pembimbing Nur Cholis, M.Pd. Kata Kunci : Inquiry, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh kurang semangat dan antusias dalam mengikuti mata pelajaran matematika karena guru yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut memungkinkan membuat siswa merasa bosan dan tidak tertarik terhadap pembelajaran. Sehingga mengakibatkan rendahnya motivasi yang berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII pada materi garis dan sudut di MTsN 9 Kediri tahun ajaran 2019/2020. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap motivasi belajar siswa kelas VII pada materi garis dan sudut di MTsN 9 Kediri tahun ajaran 2019/2020, 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi garis dan sudut di MTsN 9 Kediri tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen design (Nonequivalent Control Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTsN 9 Kediri yang berjumlah 66 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII-A (kelas eksperimen) dan kelas VII-D (kelas kontrol). Metode data yaitu berupa angket motivasi, soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry terhadap motivasi belajar siswa. Terbukti dengan nilai Sig. 0,003 < 0,05 dengan nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 82,8 dan kelas kontrol sebesar 77,6. 2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa. Terbukti dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 79 dan kelas kontrol sebesar 66,5.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163175 ULFATUN NI’MAH |
Date Deposited: | 15 Dec 2020 03:25 |
Last Modified: | 15 Dec 2020 03:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17296 |
Actions (login required)
View Item |