PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DI BUKU TEKS PADA PESERTA DIDIK DI MI PLUS SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

CEVIA ELENTINA, 17205164069 (2020) PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DI BUKU TEKS PADA PESERTA DIDIK DI MI PLUS SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Peran Guru dalam Memotivasi Keterampilan Membaca Intensif di Buku Teks pada Peserta Didik MI PLUS Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Cevia Elenetina, NIM. 172051632069, Dosen Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Keterampulan Membaca Intensif. Buku Teks Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa pentingnya upaya guru dalam meningkatkkan keterampilan membaca intensif di buku teks pada peserta didik. Karena dengan meningkatnya keterampilan membaca maka akan mempermudahkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran lainnya. Mengingat saat ini kelas rendah sudah dihadapkan dengan teks-teks yang harus mereka pelajari, sehingga pembelajaran akan sedikit terhambat karena peserta didik kurang memahami teks-teks tersebut. Sehingga upaya guru untuk meningkatkan keterampilan membaca sangat diperlukan untuk kemajuan peserta didiknya. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru dalam memotivasi strategi keterampilan membaca intensif di buku teks pada peserta didik MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung ? (2) Bagaimana peran guru dalam memotivasi metode keterampilan membaca intensif di buku teks pada peserta didik MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung ? (3) Bagaimana peran guru dalam memotivasi media keterampilan membaca intensif di buku teks pada peserta didik MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung ? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasuus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi, dan teman sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Upaya guru dalam meningkatkan strategi keterampilan membaca intensif di buku teks yaitu menggunakan strategi inquiri dimana strategi ini terfokuskan kepada kemajuan peserta didiknya. Adanya program Tugas Terstruktur yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca membaca dan adanya pojok baca di setiap kelasnya. (2) Dalam meningkatkan keterampilan membaca intensif di buku teks MI Sabilul Muhtadin ini menggunakan metode yang bervariasi yaitu metode pemberian tugas dan metode drill. Penggunaan metode bervariasi ini untuk menyesuaikan kemampuan membaca yang dimiliki setiap peserta didik namun memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan peserta didiknya. Metode drill digunakan untuk peserta didik yang keterampilan membacanya kurang danmetode pemberian tugas diberikan untuk peserta didik yang keterampilan membacanya sudah cukup baik. (3) Untuk meningkatkan media keterampilan membaca intensif di buku teks yaitu melalui media bulletin atau media gambar yang ditempelkan di papan. Tujuannya adalah untuk mempermudah penyampaiannnya kepada peserta didiknya Dapat disimpulkan bahwa guru di MI Sabilul Muhtadi Pakisrejo Rejotangan mampu meningkatkkan keterampilan membaca intensif di buku teks pada peserta didik melalui strategi yang terfokuskan pada peserta didiknya atau inquiri, metode bervariasi yaitu metode pemberian tugas dan metode drill dan media papan bergambar atau papan bulletin.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205164069 CEVIA ELENTINA
Date Deposited: 11 Dec 2020 03:08
Last Modified: 11 Dec 2020 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17328

Actions (login required)

View Item View Item