STRATEGI PEMBELAJARAN TAḤFIẒ AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK AKHLAK KARIMAH SISWA (Studi Multisitus di SMP Islam Al-Fattahiyyah Boyolangu Tulungagung dan SMP Tahfidz Ar-Rosyid Boyolangu Tulungagung)

ANA ISNAINI SHOLIHAH, 17506164009 (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN TAḤFIẒ AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK AKHLAK KARIMAH SISWA (Studi Multisitus di SMP Islam Al-Fattahiyyah Boyolangu Tulungagung dan SMP Tahfidz Ar-Rosyid Boyolangu Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (691kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an dalam Membentuk Akhlak Karimah Siswa (Studi Multisitus di SMP Islam Al Fattahiyyah Boyolangu Tulungagung dan SMP Tahfidz Ar-Rosyid Boyolangu Tulungagung)” ini ditulis oleh Ana Isnaini Sholihah, dengan dibimbing oleh Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag dan Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an, Akhlak Karimah Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh semakin lunturnya nilai nilai akhlak karimah yang dibuktikan dengan banyaknya kejahatan dan tindakan asusila bahkan berperilaku layaknya hewan. Padahal berakhlak karimah merupakan cerminan dari kepribadian seorang muslim. Seperti yang telah diteladankan oleh Rasulullah. Untuk itu perlu adanya pembentukan akhlak karimah pada anak sejak dini salah satunya di lembaga pendidikan. Di lembaga pendidikan pembentukan akhlak karimah dapat ditempuh melalui pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur’an. Dengan siswa menghafalkan Al-Qur’an, maka akan terpancar jiwa qur’ani pada siswa yang tercermin dalam akhlak karimah siswa sehari-hari. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah : (1) Bagaimana implementasi pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur’an di SMP Islam Al-Fattahiyyah Boyolangu Tulungagung dan SMP Tahfidz Ar-Rosyid Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana dampak pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur’an dalam membentuk Akhlak Karimah siswa di SMP Islam Al-Fattahiyyah Boyolangu Tulungagung dan SMP Tahfidz Ar-Rosyid Boyolangu Tulungagung? (3) Bagaimana hasil strategi pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur’an dalam membentuk Akhlak Karimah siswa di SMP Islam Al-Fattahiyyah Boyolangu Tulungagung dan SMP Tahfidz Ar-Rosyid Boyolangu Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multisitus, lokasi penelitiannya di SMP Islam Al-Fattahiyyah dan SMP Tahfidz Ar-Rosyid, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper yang berupa sumber data primer dan sumber data sekunder, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis data kasus tunggal dan analisis data lintas situs, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa : (1) Implementasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di SMP Islam Al-Fattahiyyah dan SMP Tahfidz Ar-Rosyid didampingi oleh guru tahfidz dengan cara muroja’ah dan setoran hafalan Al-Qur’an setiap harinya untuk menambah jumlah hafalan Al-Qur’an. (2) Pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di SMP Islam Al-Fattahiyyah dan SMP Tahfidz Ar-Rosyid memberikan dampak terhadap akhlak karimah siswa yaitu siswa lebih menjaga diri dari perbuatan-perbuatan buruk, selalu sopan santun, menjaga adab, tawadu’ dan ta’dzim. (3) Siswa SMP Islam Al-Fattahiyyah dan SMP Tahfidz Ar Rosyid mampu menghafalkan Al-Qur’an dengan baik dan benar serta memiliki akhlak karimah yang baik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164009 ANA ISNAINI SHOLIHAH
Date Deposited: 07 Dec 2020 02:15
Last Modified: 07 Dec 2020 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17331

Actions (login required)

View Item View Item