TEKNIK BIBLIOTERAPI SEBAGAI UPAYA MEMINIMALKAN PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWI KELAS XI SMAN 1 BOYOLANGU

HUSNIYYAH BADRIYYATI, 17306163006 (2020) TEKNIK BIBLIOTERAPI SEBAGAI UPAYA MEMINIMALKAN PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWI KELAS XI SMAN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (260kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Husniyyah Badriyyati, NIM 17306163006 “Biblioterapi Sebagai Upaya Meminimalkan Perilaku Konsumtif Siswi Kelas XI SMAN 1 Boyolagu”. Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah, Program Studi Bimbingan Konseling Islam IAIN Tulungagung. Pembimbing Dr.Hj Elfi Mu’awanah, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci: Biblioterapi, Perilaku Konsumtif, Siswi SMA Permasalah yang sering ditemui pada remaja adalah ketidak mampuan untuk mengendalikan keinginan dalam berbelanja barang maupun jasa sehingga banyak remaja terutama siswa SMA yang memiliki perilaku konsumtif yang tinggi hal ini sejalan dengan pendapat Lina dan Rosyid yang menyatakan bahwa perilaku konsumtif ialah perilaku pembelian barang dan jasa tanpa dasar kebutuhan melainkan keinginan, keinginan remaja untuk menjadi pusat perhatian dan juga ketidak stabilan emosi sehingga sering terbujuk iklan menjadi alasan remaja berperilaku konsumtif, apabila perilaku ini berkelanjutan maka bisa berdampak merugikan kepada penderitanya, permasalahan inlah yang perlu dijawab sekaligus menjadi tujuan dan fokus dalam penelitian ini yaitu dapatkah biblioterapi digunakan sebagai metode meminimalkan perilaku konsumtif digunakan agar siswa mampu memanfaatkan kemampuan kognitifnya untuk belajar dari bahan bacaan yang kemudian hasil belajar tersebut dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahannya. Penelitian ini melibatkan 10 siswi kelas XI SMAN 1 Boyolangu yang memilik perilaku konsumtif tinggi, 10 siswa tersebut dibagi menjadi 2 kelompok, 5 siswi sebagai kelompok eksperimen dan 5 siswi sebagai kelompok bebas. Kelompok eksperimen diberikan biblioterapi selama 5 kali pertemuan yang dilakukan di SMAN 1 Boyolangu, instrument yang digunakan adalah angket perilaku konsumtif yang memiliki indeks korelasi item berkisar antara 0,351 sampai dengan 0,734 dan Reliabilitas sebesar 0,927 . Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-experimental design dengan pola yang digunakan adalah Pre-test and Post-test untuk mengetahui apakah ada perbedaan pada hasil Pre-test and Post-test digunakan uji beda Paired Sempel T-Test yang dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS ver.20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biblioterapi dapat meminimalkan perilaku konsumtif siswi kelas XI SMAN 1 Boyolangu dengan hasil uji beda Paired Sempel T-Test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.011 dengan nila probilitas 0.05. selain itu pada data menunjukkan bahwa ada peminimalan rata-rata perilaku konsumtif pada kelompok eksperimen sebesar 52%.berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan biblioterapi adalah metode yang efektif untuk meminimalkan perilaku konumtif. Selanjutnya diharapkan biblioterapi bisa terus dikembangkan dan terus dibuat inovasi-inovasi baru yang mengikuti perkembangan zaman agar dapat memberikan hasil yang lebih maksimal lagi dalam mengatasi permasalahan manusia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163006 HUSNIYYAH BADRIYYATI
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:19
Last Modified: 14 Dec 2020 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17363

Actions (login required)

View Item View Item