KRISMA NOVA AISYA, 17205163239 (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (875kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (451kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (159kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (771kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa di MIN 7 Tulungagung” ditulis oleh Krisma Nova Aisya, NIM. 17205163239. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Imam Junaris, S.Ag, M. Pd.I Kata Kunci: Strategi CTL, Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang muncul dari faktor internal yang mempengarui minat belajar peserta didik. Semangat dan minat peserta didik yang berbeda-beda ini disebabkan oleh adanya kemalasan yang muncul dari diri peserta didik pada proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti termotivasi untuk mengadakan penelitian dan hasilnya dituangkan dalam Skripsi dengan judul Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MIN 7 Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Perencanaan strategi contekstual teaching learning CTL dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 7 Tulungagung. (2) Pelaksanaan strategi contekstual teaching learning CTL dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 7 Tulungagung.(3) Evaluasi strategi contekstual teaching learning CTL dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan dengan alur tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan temuan menggunakan trianggulasi data, adapun trianggulasi yang digunakan trianggulasi sumber dan tehnik. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Perencanan strategi pembelajaran CTL (contextual teaching learning) dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 7 Tulungagung, proses perencanaannya dimulai dengan penyusunan Prota, Promes, Silabus, RPP yang disesuaikan dengan alokasi waktu yang ada pada Kalender Pendidikan. (2) Pelaksanaan strategi pembelajaran CTL (contextual teaching learning) dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 7 Tulungagung, dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi strategi pembelajaran CTL (contextual teaching learning) dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 7 Tulungagung, kegiatan evaluasi guru melaksanakan evaluasi pada proses perencanaan berupa kendala dalam penyusunan perangkat pembelajaran bagi guru yang memiliki usia lanjut, sedangkan evaluasi pada pelaksanaan terdapat kendala pada kesesuaian pada alokasi waktu yang sudah ditentukan. Kegiatan evaluasi pembelajaran dapat dilakukan oleh guru pada awal kegiatan pembelajaran, pertengahan pembelajaran, dan di akhir pembelajara.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163239 KRISMA NOVA AISYA |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 03:50 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 03:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17382 |
Actions (login required)
View Item |