PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN MERGAYU BANDUNG TULUNGAGUNG

WIDYANINGRUM, RENY (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN MERGAYU BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
ABSTRACT inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK NEW.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK reny.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
COVER.pdf

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (233kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Pair Check Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MIN Mergayu Bandung Tulungagung ” ini ditulis oleh Reny Widya Ningrum, NIM : 3217113086, dibimbing oleh Musrikah, M.Pd. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Pair Check, dan Hasil Belajar Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh beberapa kendala dalam proses pembelajaran Matematika, di antaranya adalah: (1) Peserta didik kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru karena merasa bosan atau kurang tertarik dengan metode dan media pembelajaran yang digunakan (2) Dalam proses belajar mengajar selama ini hanya sebatas pada upaya menjadikan peserta didik mampu dan terampil mengerjakan soal-soal (3) Hafalan perkalian siswa masih sangat kurang. Untuk mengatasi beberapa kendala tersebut, metode Pair Check dirasa sangat tepat karena dapat membangkitkan semangat kompetisi antar siswa dan siswa dituntut untuk menjawab dengan cepat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan Metode Pair Check pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V MIN Mergayu Bandung Tulungagung? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Metode Pair Check pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V MIN Mergayu Bandung Tulungagung? Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1) Menjelaskan penerapan metode Pair Check pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V MIN Mergayu Bandung Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Pair Check pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V MIN Mergayu Bandung Tulungagung. Sebagaimana tujuan yang sudah dijelaskan di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Proses pelaksanaannya sendiri meliputi : (1) Menyusun perencanaan (planning), (2) Melaksanakan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data berupa hasil belajar siswa. Metode observasi digunakan untuk mengamati kegiatan peneliti dan siswa dalam proses pembelajaran. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode pembelajaran Pair Check. Metode dokumentasi digunakan untuk memperkuat penelitian dengan foto-foto, sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang tidak terdapat pada lembar observasi Proses pembelajaran ini dimulai dengan : 1) melakukan tes awal yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan dasar yang dimiliki peserta didik, dan digunakan sebagai acuan dalam pembentukan kelompok berkemampuan heterogen, 2) pembelajaran pada kegiatan awal, yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran dan mempertegas materi yang akan dipelajari, 3) kegiatan inti, peneliti menjelaskan materi perkalian dan pembagian pecahan, kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok, dan penerapan metode Pair Check 4) kegiatan akhir yaitu kesimpulan dan tes akhir pada tiap siklus. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, diperoleh aktifitas belajar peserta didik yang selalu meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I prosentase aktifitas siswa sebesar 82%, dan pada siklus II prosentase aktifitas siswa 90%. Setelah penulis mengadakan penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V MIN Mergayu Bandung Tulungagung. Hasil belajar peserta didik pada tes awal (pre test) 66,90, setelah mendapat perlakukan pada siklus I nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 74,04 dengan prosentase keberhasilan 71,42%. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik adalah 92,14 dengan prosentase keberhasilan mencapai 90,47%. Hal itu menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya metode pembelajaran Pair Check.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: RENY WIDYANINGRUM
Date Deposited: 11 Aug 2015 04:33
Last Modified: 11 Aug 2015 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item View Item