PENGARUH PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGGANG

NILA CHOIRIYA SOFFA, 17205163007 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGGANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (121kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Make a Match dan Talking Stick terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulunggang” ini ditulis oleh Nila Choiriya Soffa, NIM. 17205163007, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Adi Wijayanto,S.Or.,Kom.,M.Pd.,AIFO. Kata Kunci: Metode Make a Match dan Talking Stick, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran. Diantara faktor tersebut adalah dalam pembelajaran masih menggunakan metode konvensional yang kurang menarik, sehingga peserta didik menjadi kurang aktif. Dengan dimikian diperlukan perubahan yaitu salah satunya dengan perubahan penerapan metode pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh metode Make a Match terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? (2) Adakah pengaruh metode Talking Stick terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? (3) Adakah pengaruh penggunaan metode Makea a Match dan Talking Stick terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi experiment (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seuruh siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung , sedangkan sampelnya siswa kelas IV-A dan IV-B MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Berdasarkan perhitungan uji t hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam diperoleh nilai Sig (2tailed) sebesar 0,002. Nilai Sig(2tailed) tersebut < 0,005 maka

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163007 NILA CHOIRIYA SOFFA
Date Deposited: 29 Dec 2020 03:13
Last Modified: 29 Dec 2020 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17459

Actions (login required)

View Item View Item