PENGARUH TEKNIK MODELLING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAUMAN

MILA YUNIAR, 17306163036 (2020) PENGARUH TEKNIK MODELLING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAUMAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (824kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Teknik Modelling terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kauman” ini ditulis oleh Mila Yuniar, NIM. 17306163036, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Citra Ayu Kumala Sari, M.Psi., NIP. 19870418 201801 2 001 Kata kunci: Teknik Modelling, Kemandirian Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegelisahan tentang fenomena yang terjadi pada masa ini, yang mana banyak siswa yang sedang berada pada fase remaja mengalami hambatan dalam proses belajarnya. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh siswa selama proses belajarnya adalah kurangnya kemandirian belajar dalam diri mereka. Permasalahan yang dialami oleh siswa tersebut terjadi dikarenakan di jaman yang serba modern ini siswa lebih sering disibukkan dengan kegiatan yang dapat mengganggu proses belajar mereka. Selain itu, terdapat faktor dari dalam dan luar diri siswa yang juga memiliki pengaruh terhadap sikap kemandirian belajar mereka. Adapun dalam penelitian ini, peneliti akan mengujikan pengaruh dari penggunaan teknik modelling terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kauman. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan dengan menggunakan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan teknik purposive sampling. Adapun subjek dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kelas VII C di SMP Negeri 2 Kauman. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan skala pengukuran, sedangkan instrumen penelitian yang peneliti gunakan adalah skala kemandirian belajar dan modul teknik modelling. Selanjutnya untuk teknik analisis data menggunakan uji t-test yakni uji independent sample t-testdan uji paired sample t test,yang mana sebelumnya dilakukan uji asumsi dasar menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kauman sebelum diberikan perlakuan (treatment) dengan menggunakan teknik modellingberada pada tingkat sedang, namun setelah diberikan perlakuan (treatment) dengan menggunakan teknik modelling mengalami peningkatan, yang mana hal ini dapat dilihat dari hasil skor post testsiswa.Selain itu, terdapat perbedaan rata-rata dari hasil skor pre-test dan post test siswa kelas eksperimen, dimana hal ini dapat dibuktikan dari data hasil uji paired sample t-test yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Selanjutnya, diperoleh pula data hasil uji independent sample t-test dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (treatment) dengan menggunakan teknik modelling terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kauman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163036 MILA YUNIAR
Date Deposited: 29 Dec 2020 03:54
Last Modified: 29 Dec 2020 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17488

Actions (login required)

View Item View Item