PERAN GURU KB PADA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TENGAH KONDISI PANDEMI DI KB HIDAYATULLAH BLITAR

AGUSTIN MEGA PURNAMAWATI, 17306163038 (2020) PERAN GURU KB PADA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TENGAH KONDISI PANDEMI DI KB HIDAYATULLAH BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru KB Pada Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di tengah Kondisi Pandemi Di Kb Hidayatullah Blitar” di tulis oleh Agustin Mega Purnamawati, NIM 17306163038. Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Lilik Rofiqoh, M.A. Kata kunci : Strategi Pengembangan Kreativitas, Anak Usia Dini, Pandemi Covid19 Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan KB Hidayatullah dalam membentuk strategi pengembangan kreativitas anak usia dini ditengah kondisi pademi covid19. Kondisi pandemi covid19 menuntut setiap institusi pendidikan untuk melakukan pembelajaran secara daring, tak terkecuali di KB Hidayatullah yang juga telah menerapkan sistem pembelajaran secara daring. Salah satu progam pengembangan utama yang diterapkan oleh KB Hidayatullah kepada siswa ditengah kondisi pandemi adalah pembelajaran pengembangan kreativitas anak usia dini. Dalam proses pembelajaran pengembangan kreativitas anak usia dini ditengah kondisi pandemi KB hidayatullah sebagai institusi pendidikan memiliki peran besar dalam membentuk strategi-strategi pengembangan anak usia dini ditengah kondisi pandemi covid19. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh KB Hidayatullah dalam menerapkan pembelajaran pengembangan kreativitas anak usia dini ditengah kondisi pandemi, serta mengetahui bagaimana upaya, hambatan dan hasil yang telah diperoleh oleh anak usia dini atas penerapan strategi yang telah dilakukan oleh KB Hidayatullah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yakni sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui gambaran kejadian yang ada dan sedang berlangsung pada saat ini ataupun pada masa yang lampau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan ada beberapa strategi yang dilakukan KB Hidayatullah dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini ditengah kondisi pandemi diantaranya pengembangan kreativitas melalui musik, melalui mencipta karya, melalui imajinasi, melalui kegiatan proyek, serta melalui eksperimen. Selain itu dari strategi-stategi yang telah dilakukan oleh KB Hidayatullah dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini ditengah kondisi pandemi dapat diperoleh gambaran arah perkembangan yang disesuaikan dengan bakat dan minat yang ada didalam diri anak, sehingga dapat berguna untuk perencanaan dan tujuan yang jelas bagi perkembangan anak dalam menggapai cita-cita dan meraih sukses dimasa depan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 17306163038 AGUSTIN MEGA PURNAMAWATI
Date Deposited: 06 Jan 2021 06:14
Last Modified: 26 Mar 2021 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17552

Actions (login required)

View Item View Item