KESALAHAN SISWA KELAS VII SMPN 1 NGAWI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BENTUK ALJABAR BERDASARKAN TEORI NEWMAN

ULFA MUFIDA NURDIAS KUSUMADEWI, 17204163187 (2020) KESALAHAN SISWA KELAS VII SMPN 1 NGAWI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BENTUK ALJABAR BERDASARKAN TEORI NEWMAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 1 Ngawi dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bentuk Aljabar Berdasarkan Teori Newman” ini ditulis oleh Ulfa Mufida Nurdias Kusumadewi, NIM. 17204163187, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kesalahan, Bentuk Aljabar, Teori Newman Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang cukup sulit dan menakutkan dibandingkan mata pelajaran lainnya. Selanjutnya kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika dikarenakan kesalahan dalam memahami konsep matematika. Dengan demikian, penting adanya analisis kesalahan siswa untuk mengetahui letak kesalahan yang dilakukan siswa saat mengerjakan soal. Salah satu alat yang digunakan untuk menganalisis kesalahan siswa adalah dengan Teori Newman. Teori Newman adalah metode analisis kesalahan siswa pada masalah matematika yang mengandaikan bahwa dalam proses pemecahan masalah ada beberapa jenis hambatan. Alasan peneliti memilih Teori Newman karena terdapat tahapan membaca yang sangat penting dalam menyelesaikan masalah matematika Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa kemampuan tinggi kelas VII SMPN 1 Ngawi dalam menyelesaikan soal matematika materi bentuk aljabar berdasarkan teori newman. 2) Untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa kemampuan sedang kelas VII SMPN 1 Ngawi dalam menyelesaikan soal matematika materi bentuk aljabar berdasarkan teori newman. 3) Untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa kemampuan rendah kelas VII SMPN 1 Ngawi dalam menyelesaikan soal matematika materi bentuk aljabar berdasarkan teori newman. 4) Untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang menjadi sebab siswa kelas VII SMPN 1 Ngawi melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi bentuk aljabar berdasarkan teori newman. Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa Kelas VII B SMPN 1 Ngawi. Pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, temuan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka diperoleh kesimpulan: 1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa kemampuan tinggi kelas VII SMPN 1 Ngawi berdasarkan teori Newman, 2) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa kemampuan sedang kelas VII SMPN 1 Ngawi berdasarkan teori Newman, 3) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa kemampuan rendah kelas VII SMPN 1 Ngawi berdasarkan teori Newman, 4) Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMPN 1 Ngawi dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan teori Newman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 17204163187 ULFA MUFIDA NURDIAS KUSUMADEWI
Date Deposited: 08 Jan 2021 01:35
Last Modified: 03 May 2021 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17569

Actions (login required)

View Item View Item