ririn nasihah, ririn (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN TUNGGANGRI. [ Skripsi ]
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (181kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (269kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ririn Nasihah, NIM. 3214113141, “Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN Tunggangri”. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika IAIN Tulungagung. Pembimbing Dr. Eny Setyowati, S.Pd, MM. Kata Kunci: Pembelajaran TAI, Pendekatan Open-Ended, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa rentang nilai matematika siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai terlalu mencolok, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan siswa kurang bisa mengembangkan kemampuannya. Untuk itu perlu diupayakan agar siswa bisa aktif dalam pembelajarannya dan dapat mengembangkan kemampuannya yaitu dengan memanfaatkan siswa yang pandai untuk menularkan kemampuannya pada siswa lain yang kemampuannya lebih rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dilakukan cara diterapkannya model pembelajaran TAI dengan pendekatan open-ended agar hasil belajar matematika meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Tunggangri dengan menggunakan model pembelajaran TAI dengan pendekatan open-ended?, 2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran TAI dengan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Tunggangri?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Tunggangri dengan model pembelajaran TAI dengan pendekatan open-ended. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran TAI dengan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Tunggangri. Pendekatan penelitian yang berdasarkan sifat datanya, antara lain pendekatan penelitian kuantitatif dimana data yang dikumpulkan bersifat angka-angka statistik. Pola penelitian eksperimen yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) berfungsi untuk mengetahui pengaruh perlakukan terhadap karakteristik subjek yang diinginkan oleh peneliti, dimana variabel bebas X dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran TAI dengan pendekatan open-ended. Sedangkan variabel terikatnya Y adalah hasil belajar matematika pada siswa kelas VII MTsN Tunggangri. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di MTsN Tunggangri yang berjumlah 401 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 84 siswa, 42 siswa kelas VII B dan 42 siswa kelas VII C. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis t-test. Dari hasil penelitian: 1) hasil belajar matematika siswa kelas VII B (eksperimen) dengan diperolehnya nilai rata-rata 86,7 lebih tinggi dari pada kelas VII C (kontrol) dengan diperolehnya nilai rata-rata 73,4 ; 2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran TAI dengan pendekatan open-ended pada materi trapesium siswa kelas VII B MTsN Tunggangri. Hal ini ditunjukkan nilai t_hitung=4,261 dengan db 78 diperoleh t_tabel=2,000 pada taraf signifikansi 5%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | ririn ririn ririn nasihah |
Date Deposited: | 09 Sep 2015 02:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 02:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1764 |
Actions (login required)
View Item |