RIDA NURUS SOFA, 17206163079 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM ISLAMIC HABITUATION UNTUK MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK SERIBU KUBAH SUKOWIDODO KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (326kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (370kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (75kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (166kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi, ilmu pengetahuan, dan cepatnya akses kepenjuru dunia yang memberikan dampak positif maupun negatif. Terkikisnya moral dan nilai-nilai religius generasi muda adalah salah satu dampak negatif dari pesatnya teknologi dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk menanamkan karakter religus anak pada usia sedini mungkin. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi program shalat berjamaah untuk membentuk karakter religius anak usia dini kelompok B di TK Seribu Kubah Karangrejo (2) Untuk mendeskripsikan implementasi program membaca Al Qur’an untuk menanamkan karakter religius anak usia dini kelompok B di TK Seribu Kubah Karangrejo. (3) Untuk mendeskripsikan implementasi program 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) dalam membentuk karakter religius anak usia dini kelompok B di TK Seribu Kubah Karangrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Kepala Sekolah dan guru kelompok B TK Seribu Kubah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan perpanjangan penelitian, ketekunan dan keajekan pengamat, triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian skripsi ini adalah pertama, implementasi program shalat berjamaah di TK Seribu Kubah dilaksanakan setiap hari senin sampai kamis. Pelaksananan shalat berjamaah di TK Seribu Kubah berupa shalat dhuha dan dzuhur bejamaah diikuti oleh kelompok B. Hambatan program shalat berjamaah berupa hambatan internal. Kedua, Program belajar baca Al Qur’an dilaksanakan menggunakan metode tilawati setelah jam istirahat selama 30 menit. Program ini berdampak pada kecintaan anak terhadap Al Qur’an dengan tujuan mengenalkan kitab suci agama Islam. Hambatan program belajar baca Al Qur’an berupa hambatan internal dan eksternal. Ketiga, Program budaya 5S dilaksanakan setiap hari ketika peserta didik berada di luar kelas maupun di dalam kelas. Program budaya 5S (Senyum, salam, sapa, sopan dan santun) dilaksanakan setiap hari dengan koordinasi bersama wali murid sehingga pelaksanaannya bejalan di sekolah maupun di rumah. Pelaksanaan program budaya 5S memiliki dampak positif pada moral feeling dan moral action peserta didik sedangkan hambatan pada program budaya 5S berupa hambatan internal dan eksternal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206163079 Rida Nurus Sofa |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 03:25 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 03:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17682 |
Actions (login required)
View Item |