ARINI ULFATA HIDAYATI, 12506184009 (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS DAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMAN 1 TULUNGAGUNG DAN SMAN 2 TRENGGALEK. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (484kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (602kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (849kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (763kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis yang berjudul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Sikap Religius dan Sikap Sosial Siswa di SMAN 1 Tulungagung dan SMAN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Arini Ulfata Hidayati, NIM. 12506184013, Pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. dan Dr. H. Zaini Fasya, S.Ag., M.Pd.I. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mewujudkan keseimbangan hubungan dengan Tuhan YME dan hubungan dengan sesame manusia yang melemah, serta pemahaman pentingnya menumbuhkan sikap religius dan sikap sosial sejak dini. Hal ini dapat ditunjukkan dengan berbagai permasalahan yang hampir setiap hari terjadi, baik dilingkungan keluarga hingga lingkungan masyarakat. Maraknya krisis moral para peserta didik, terjadinya kenakalan, pemukulan siswa kepada guru dan sebaliknya menunjukkan kurangnya jiwa religius dan jiwa sosial yang dimiliki. Segala permasalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti globalisasi, kurangnya pemahaman keagamaan, dan kurangnya semangat menjalin hubungan baik sesama manusia. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan kejujuran dan kedisiplinan beribadah, toleransi, dan semangat gotong royong. Dengan kenyataan demikian, diperlukan adanya strategi oleh guru disekolah sebagai orang tua kedua untuk mengupayakan berbagai cara agar peserta didik mampu menunjukkan dan mengaplikasikan kehidupan sosial religius. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kejujuran beribadah siswa? (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa? (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan sikap toleransi siswa? (4) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan sikap semangat gotong royong siswa? Metode penelitian dalam tesis ini mengunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, paparan data, dan verifikasi. Dalam penelitian ini, validitas data juga dapat diperiksa dengan perpanjangan keikutsertaan, dan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian di SMAN 1 Tulungagung dan SMAN 2 Trenggalek tentang strategi guru agama islam meningkatkan sikap religius dan sikap sosial adalah: (1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kejujuran beribadah siswa adalah menerapkan metode nasihat, metode pembisaan, pendekatan kasih sayang, dan tawassul). (2) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa adalah dengan menerapkan metode uswatun hasanah, menerapkan hukuman positif, menerapkan 3 S dengan pengertian salam, salim, dan sholat. (3) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan sikap toleransi siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran ekspository dan melakukan pengelolaan kelas. (4) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan sikap semangat gotong royong siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif, kerja bakti, dan infa’.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506184009 ARINI ULFATA HIDAYATI |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 06:37 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 04:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17687 |
Actions (login required)
View Item |