YUNI KARTIKA, 17204163035 (2020) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI TRIGONOMETRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (696kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (540kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (781kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (714kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (421kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek terhadap Hasil Belajar pada Materi Trigonometri” ini ditulis oleh Yuni Kartika, NIM. 17204163035, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd.I.,M.Pd Kata Kunci: Matematika, Kecemasan Matematika, Hasil Belajar, Trigonometri. Sering ditemukannya siswa yang merasa khawatir, takut bahkan tegang dalam proses pembelajaran matematika atau dalam menghadapi ujian matematika. Beberapa siswa terkadang menyikapi ujian matematika sebagai suatu permasalahan besar dalam hidupnya. Matematika sering dianggap momok yang menakutkan bagi siswa, sehingga memunculkan kepanikan pada siswa ketika menghadapinya. Perasaan cemas ketika menghadapi matematika inilah yang disebut dengan kecemasan matematika. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecemasan matematika siswa kelas X SMAN 1 Durenan Trenggalek terhadap hasil belajar pada materi trigonometri. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecemasan matematika siswa kelas X SMAN 1 Durenan Trenggalek terhadap hasil belajar pada materi Trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah korelasional tanpa memberikan perlakuan pada sampel penelitian. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik probability sampling jenis simple random sampling, dengan sampelnya adalah kelas X MIPA 1 yang berjumlah 33 siswa. Dalam teknik pengumpulan data dan Instrumen penelitian menggunakan : 1) Angket, 1) Tes, 3) Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh kecemasan matematika siswa kelas X SMAN 1 Durenan Trenggalek terhadap hasil belajar pada materi trigonometri. Hal ini terbukti dari nilai Sig. = 0,021 < 0,05 yang berarti ditolak dan H1 diterima. Dari proses analisis data juga diperoleh persamaan regresi , dimana koefisien regresi bernilai negatif. Ini berarti pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar pada penelitian ini bersifat negatif. Dengan kata lain, semakin tinggi kecemasan matematika siswa maka semakin rendah hasil belajar yang didapatkannya. 2) Besarnya pengaruh kecemasan matematika siswa kelas X SMAN 1 Durenan Trenggalek terhadap hasil belajar pada materi trigonometri adalah . Hal ini terbukti dari nilai .
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163035 YUNI KARTIKA |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 04:41 |
Last Modified: | 03 May 2021 03:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17690 |
Actions (login required)
View Item |