PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI TRIGONOMETRI

YUNI KARTIKA, 17204163035 (2020) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI TRIGONOMETRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (781kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (714kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek terhadap Hasil Belajar pada Materi Trigonometri” ini ditulis oleh Yuni Kartika, NIM. 17204163035, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd.I.,M.Pd Kata Kunci: Matematika, Kecemasan Matematika, Hasil Belajar, Trigonometri. Sering ditemukannya siswa yang merasa khawatir, takut bahkan tegang dalam proses pembelajaran matematika atau dalam menghadapi ujian matematika. Beberapa siswa terkadang menyikapi ujian matematika sebagai suatu permasalahan besar dalam hidupnya. Matematika sering dianggap momok yang menakutkan bagi siswa, sehingga memunculkan kepanikan pada siswa ketika menghadapinya. Perasaan cemas ketika menghadapi matematika inilah yang disebut dengan kecemasan matematika. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecemasan matematika siswa kelas X SMAN 1 Durenan Trenggalek terhadap hasil belajar pada materi trigonometri. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecemasan matematika siswa kelas X SMAN 1 Durenan Trenggalek terhadap hasil belajar pada materi Trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah korelasional tanpa memberikan perlakuan pada sampel penelitian. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik probability sampling jenis simple random sampling, dengan sampelnya adalah kelas X MIPA 1 yang berjumlah 33 siswa. Dalam teknik pengumpulan data dan Instrumen penelitian menggunakan : 1) Angket, 1) Tes, 3) Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh kecemasan matematika siswa kelas X SMAN 1 Durenan Trenggalek terhadap hasil belajar pada materi trigonometri. Hal ini terbukti dari nilai Sig. = 0,021 < 0,05 yang berarti ditolak dan H1 diterima. Dari proses analisis data juga diperoleh persamaan regresi , dimana koefisien regresi bernilai negatif. Ini berarti pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar pada penelitian ini bersifat negatif. Dengan kata lain, semakin tinggi kecemasan matematika siswa maka semakin rendah hasil belajar yang didapatkannya. 2) Besarnya pengaruh kecemasan matematika siswa kelas X SMAN 1 Durenan Trenggalek terhadap hasil belajar pada materi trigonometri adalah . Hal ini terbukti dari nilai .

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163035 YUNI KARTIKA
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:41
Last Modified: 03 May 2021 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17690

Actions (login required)

View Item View Item