IMAS PURMIANTI, 17401163297 (2020) STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA PEMBIAYAAN MUSYARAKAH (Studi Kasus Koperasi Syariah BTM Surya Dana Campurdarat dan KSPPS BMT Harapan Umat Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (722kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (409kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi marketing mix dalam meningkatkan jumlah anggota pembiayaan Musyarakah (Studi kasus Koperasi Syariah BTM Surya Dana Campurdarat dan KSPPS BMT Harapan Umat Tulungagung)” ditulis oleh Imas Purmianti, NIM 1 7401163297, Jurusan Perbankan Syariah, Dibimbing oleh Bapak Muhamad aqim Adlan, M.E.I Penelitian ini dilatar belakangi oleh Strategi marketing mix yang memang sangat penting guna kelangsungan hidup perusahaan, karena strategi pemasaran yang baik dan terarah pasti berdampak positif terhadap perusahaan, yang salah satunya dapat meningkatkan jumlah pelanggan atau anggota baru. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana Pelaksanaan, Kendala, dan Solusi terkait Strategi marketing mix dalam meningkatkan jumlah anggota pembiayaan Musyarakah (Studi kasus Koperasi Syariah BTM Surya Dana Campurdarat dan KSPPS BMT Harapan Umat Tulungagung)? Jenis Penelitian yang dipakai adalah Kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian di Koperasi Syariah BTM Surya Dana Campurdarat adalah strategi Promosi dan Harga sedangkan di KSPPS BMT Harapan Umat Tulungagung adalah strategi Promosi.Kendala Koperasi Syariah BTM Surya Dana Campurdarat yaitu meliputi a). Kendala internal, minimnya tanggapan dari pihak lembaga guna menyikapi persaingan dan minimnya pengawasan dalam manajemen koperasi untuk mensurvey usaha calon anggota, b). Kendala eksternal, penunggakan tagihan khusunya anggota pembiayaan Musyarakah, dan minimnya pengetahuan masyarakat akan produk yang dimiliki oleh Lembaga Keuangan Syariah. Sedangkan pada KSPPS BMT Harapan Umat Tulungagung, a). Kendala internal, Minimnya tanggapan dari pihak lembaga guna menyikapi persaingan, dan kurang maksimalnya tanggapan lembaga keuangan syariah dalam menyikapi anggota yang telat membayar angsuran. b). Kendala eksternal, keterangan dari anggota yang tidak jujur akan usaha yang dimiliki, dan keterlambatan anggota dalam membayar angsuran pembiayaan.Solusi Koperasi Syariah BTM Surya Dana Campurdarat, a). Solusi internal, Bersaing sehat, memberikan pelayanan yang prima dan menggunakan media promosi semaksimal mungkin, dan Pihak lembaga menggunakan pengawasan secara sederhana. b). Solusi eksternal, Memberikan surat tagihan dan juga denda, dan Memaksimalkan sosialisasi kepada masyarakat/ para anggota. Sedangkan pada KSPPS BMT Harapan Umat Tulungagung, a). Solusi internal, menggunakan pelayanan prima dan menambah jumlah media promosi yang digunakan, dan Lebih berhati-hati, teliti dan tegas, memberikan denda dan juga memberikan peringatan secara tulis dan lisan. b). Solusi eksternal, teliti dan tetap berusaha mencari informasi dari orang terdekat, dan memberikan denda dan juga memberikan peringatan secara tulis dan lisan kepada para anggota. Kata Kunci : Marketing Mix, Meningkatkan Jumlah Anggota, BMT, Pembiayaan Musyaraka.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 17401163297 IMAS PURMIANTI |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 08:12 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 06:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17714 |
Actions (login required)
View Item |