SITI ANI SOFIYAH, 17205163232 (2020) IMPLEMENTASI METODE KETELADANAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (648kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi. “Implementasi Metode Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Peserta Didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Ani Sofiyah, NIM 17205163232, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci: Metode Keteladanan, Karakter Disiplin, Karakter Sopan Santun, Karakter Tanggung Jawab. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran terhadap nilai-nilai moral pelajar sudah mulai hilang. Hal ini ditandai dengan banyaknya kasus-kasus seperti: peredaran narkoba, pergaulan bebas, kekerasan antar remaja dan tingginya angka tawuran antar pelajar yang mengakibatkan rendahnya kualitas pendidikan. Maka dari itu, diperlukan kegiatan keteladanan untuk dapat membentuk karakter disiplin, sopan santun dan tanggung jawab peserta didik dengan baik. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi metode keteladanan guru dalam membentuk karakter disiplin peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? (2) Bagaimana implementasi metode keteladanan guru dalam membentuk karakter sopan santun peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? (3) Bagaimana implementasi metode keteladanan guru dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? Tujuan dalam penulisan skripsi ini untuk mendeskripsikan implementasi metode keteladanan guru dalam membentuk karakter disiplin, sopan santun dan tanggung jawab peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya, data yang digali berdasarkan dua sumber (1) data primer dan (2) data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Selanjutnya pengecekan keabsahan temuan dengan perpanjangan pengamatan, perpanjangan kehadiran peneliti, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Karakter disiplin yang terbentuk melalui metode keteladanan adalah disiplin tepat waktu, memakai seragam dan menaati peraturan. (2) Karakter sopan santun yang terbentuk melalui metode keteladanan adalah sopan santun dalam perkataan, perbuatan dan pakaian. (3) Karakter tanggung jawab yang terbentuk melalui melalui metode keteladanan adalah tanggung jawab melaksanakan jadwal piket, tugas dan menjaga kebersihan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205163232 SITI ANI SOFIYAH |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 08:24 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 03:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17729 |
Actions (login required)
View Item |