DICKI RIO RIYAWAN, 17204163173 (2020) ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI KELAS XI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (876kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung” ditulis oleh Dicki Rio Riyawan, 17204163173, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Analisis, Berpikir Kreatif, Trigonometri Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian guru matematika dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa. Karena pada saat pengamatan siswa masih sulit untuk menyelesaikan masalah atau soal matematika secara kreatif agar menemukan jawaban yang sesuai. Berpikir kreatif siswa juga dipengaruhi oleh kemampuan matematika setiap siswa yang berbeda-beda sehingga dalam penelitian ini berdasarkan kemampuan matematika siswa. Berpikir kreatif siswa dapat ditingkatkan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan berlatih beberapa soal yang berkesinambungan dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah trigonometri di kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Gondang Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah trigonometri di kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Gondang Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah trigonometri di kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dimulai dengan mengambil 6 subjek yang terdiri dari 2 subjek yang berkemampuan matematika tinggi, 2 subjek berkemampuan matematika sedang, dan 2 subjek berkemampuan matematika rendah. Pemilihan subjek berdasarkan pemilihan dari tingkatan nilai ulangan harian dan pertimbangan dari guru matematika siswa tersebut. Metode yang digunakan meliputi metode tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Tes tertulis diikuti oleh seluruh siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 32 siswa. Namun hanya 6 siswa yang sudah dipilih untuk selanjutnya hasil tes tulis tersebut digunakan untuk menganalisis berpikir kreatif siswa dengan jalan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Berpikir kreatif siswa dengan kemampuan matematika tinggi adalah sangat kreatif, hal ini berdasarkan hasil tes dan wawancara bahwa siswa mampu memenuhi tiga indikator yaitu tingkatan kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. 2) Berpikir kreatif siswa dengan kemampuan matematika sedang sedang adalah kreatif, hal ini berdasarkan hasil tes dan wawancara bahwa siswa mampu memenuhi dua indikator yaitu tingkatan kefasihan dan fleksibilitas. 3) Berpikir kreatif siswa dengan kemampuan matematika rendah adalah kurang kreatif, hal ini berdasarkan hasil tes dan wawancara bahwa siswa mampu memenuhi satu indikator yaitu tingkatan kefasihan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163173 Dicki Rio Riyawan |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 01:12 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 02:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17741 |
Actions (login required)
View Item |