UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MUROJA’AH JUZ 30 MENGGUNAKAN METODE YANBU’A MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 3 DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SARIFATUL ISTIKAH, 17205163156 (2020) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MUROJA’AH JUZ 30 MENGGUNAKAN METODE YANBU’A MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 3 DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Peningkatan Kemampuan Muroja’ah Juz 30 Menggunakan Metode Yanbu’a melalui kegiatan pembiasaan pada Peserta Didik Kelas 3 di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Sarifatul Istikah, NIM. 17205163156, pembimbing Dr. Hj. Nurul Hidayah, M. Ag. Kata kunci: Muroja’ah Juz 30, Metode Yanbu’a. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya metode untuk mempermudah mempelajari membaca Al-Qur’an, namun kebanyakan dari metode tersebut hanya megajarkan cara membaca dan menulis saja. Salah satu metode untuk mempelajari cara ketepatan membaca Al-Qur’an yaitu metode Yanbu’a, yang menekankan ketepatan membaca sesuai ilmu tajwid dan makhraj serta penulisannya menggunakan Rasm Utsmany. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan membaca Al-Qur’an menggunakan metode Yanbu’a di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung Tahun 2020 Fokus penelitian ini adalah: (1.) Bagaimana penerapan metode Yanbu’a untuk meningatkan kemampuan muroja’ah juz 30 melalui kegiatan pembiasaan pada peserta didik kelas 3 di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung? (2.) Bagaimana hambatan metode Yanbu’a untuk meningatkan kemampuan muroja’ah juz 30 melalui kegiatan pembiasaan pada peserta didik kelas 3 di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung? (3.)Bagaimana keberhasilan metode Yanbu’a untuk meningatkan kemampuan muroja’ah juz 30 melalui kegiatan pembiasaan pada peserta didik kelas 3 di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji keteralihan, uji keterkaitan, dan uji kepastian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1.) Kegiatan pembiasaan muroja’ah juz 30 di kelas 3 menggunakan metode Yanbu’a dilaksanakan pada hari Senin dan Rabu mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 09.00 WIB. Kegiatan dilakukan dengan tiga tahap yaitu: Pertama, guru masuk kelas dan megucapkan salam kemudian dilanjutkan do’a bersama, setelah itu muroja’ah bersama. Kedua, setoran hafalan surat-surat satu persatu maju menghadap guru. Ketiga menulis. (2.) Hambatan yang dialami guru saat kegiatan pembiasaan muroja’ah juz 30 dengan menggunakan metode Yanbu’a adalah: pertama, kemampuan setiap anak yang berbeda. Kedua, kepribadian setiap anak yang berbeda. Ketiga, konsentrasi siswa yang kurang baik. (3.) Keberhasilan penerapan metode Yanbu’a dalam pembiasaan muroja’ah juz 30 di kelas tiga yaitu yang pertama,setiap anak mampu mengikuti hafalan setoran surat-surat pendek sesuai ketentuan dan mampu mencapai target hafalan mulai surat Al-Balad sampai surat Al-Muthaffifin. Kedua, siswa terlatih dan terbiasa untuk membaca dan menulis arab, sehingga memudahkan siswa memahami mata pelajaran pelajaran yang berkaitan dengan huruf arab seperti mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Bahasa Arab, dan lain-lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163156 SARIFATUL ISTIKAH
Date Deposited: 20 Jan 2021 04:42
Last Modified: 29 Apr 2021 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17780

Actions (login required)

View Item View Item