ENDANG SUCIATI, 17205163082 (2020) KREATIVITAS PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM NONHAYATI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (342kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (196kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (193kB) |
Abstract
ABSTRAK Abstrak skripsi ini dengan judul “Kreativitas Pemanfaatan Sumber Daya Alam NonHayati di Lingkungan Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergmpol Tulungagung” di tulis oleh Endang Suciati, NIM 17205163082, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Kreativitas, Sumber Daya Alam, Lingkungan Sekolah. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh guru yang kreatif mempunyai semangat dan motivasi tinggi sehingga bisa menjadi motivator bagi siswanya untuk meningkatkan kreativitas siswa. Artinya selain menjadi seorang pendidik, guru harus menjadi seorang creator yang menciptakan kondisi belajar yang nyaman dan kondusif bagi anak didik. Namun, guru masih menggunakan metode pembelajaran yang cenderung bersifat santai, sehingga komunikasi antara guru dan peserta didik belum optimal dan pemahaman konsep peserta didik terhadap pelajaran sains masih sangat rendah. Kreativitas guru dibekali motivasi mengelola kelas dan pemanfaatan media yang baik merupakan salah satu upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didiknya. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Persiapan Pemanfaatan Kreativitas sumber daya alam guru kelas di lingkungan sekolah dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung ? 2) Bagaimana implementasi pemanfaatan kreativitas sumber daya alam guru kelas di lingkungan sekolah dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam di Mi Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung ? 3) Bagaimana evaluasi pemanfaatan kreativitas sumber daya alam guru kelas di lingkungan sekolah dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif, jenis penelitiannya deskripsi studi kasus. Sumber data yaitu kepala madrasah, guru, waka kurikulum dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi penelitian, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan pemeriksaan teman sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Persiapan kreativitas pemanfaatan guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sebelum proses pembelajaran berlangsung, menyiapkan materi/metode pembelajaran dan pembuatan media. 2) Implementasi kreativitas pemanfaatan guru menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan media saat proses pembelajaran. Menciptakan suasana kelas yang nyaman, melakukan ice breaking sebelum pembelajaran, Menggunakan media pembelajaran, metode pembelajaran, dan motivasi orang tua dan guru. 3) Evaluasi kreativitas pemanfaatan dengan menggunakan media dan memanfaatkan lingkungan ssekolah sebagai sumber belajar sangat berpengaruh bagi siswa, supaya siswa tidak merasa jenuh ternyata bisa meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163082 ENDANG SUCIATI |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 07:29 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 03:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17804 |
Actions (login required)
View Item |