PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MTS AL-MA'ARIF TULUNGAGUNG

MUHAMMAD YUSUF EFFENDI, 17201153511 (2020) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MTS AL-MA'ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di MTs Al-Ma’arif Tulungagung”. Skripsi ini ditulis oleh Muhammad Yusuf Effendi, NIM. 17201153511, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang di bimbing oleh Bapak Suwanto, M.S.I Kata kunci: Peran Guru Agama Islam, Kecerdasan Emosional. Penelitian ini dilatar belakangi oleh setiap manusia yang pasti memiliki berbagai masalah, baik itu masalah yang berasal dari dalam maupun dari luar diri seseorang. Dengan adanya kecerdasan sehingga menjadi peran penting untuk manusia mengolah dirinya dalam memecahkan masalah yang timbul pada diri sendiri. Menurunnya kondisi emosional siswa dimana mereka belum mampu mengatur emosinya sendiri yang mengakibatkan terjadinya banyak permasalahan yang tidak terkontrol seperti pembangkang, perilaku malas, lemah pikir lemah penglihatan dan sebagainya. Oleh karena itu, meningkatkan kecerdasan emosional siswa bertujuan membangun kesadaran pengetahuan siswa dalam kemampuan mengelola emosi dan motivasi diri siswa guna dapat menyerap pembelajaran dengan baik sekaligus prestasi yang baik disekolah. Dengan penelitian ini diharapkan peran Guru Pendidikan Agama Islam bisa maksimal sebagai pencetak generasi yang tidak hanya mampu mencerdaskan intelektual saja akan tetapi juga mampu mencerdaskan emosional siswa baik dalam mengelola emosi diri dan motivasi diri siswa. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi diri siswa di MTs Al Ma’arif Tulungagung? (2) Bagaimana peran Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan motivasi diri siswa di MTs Al Ma’arif Tulungagung? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi dan motivasi diri siswa di MTs Al Ma’arif Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah adalah (1) Untuk mengetahui peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi diri siswa di MTs Al Ma’arif Tulungagung. (2) untuk mengetahui peran Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan motivasi diri siswa di MTs Al Ma’arif Tulungagung. (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi dan motivasi diri siswa di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Subjek penelitian adalah guru pendidikan agama islam dan kepala sekolah. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya atau tentang perilaku yang diamati. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan memperpanjang waktu penelitian, ketekunan pengamat, triangulasi sumber, cek dengan anggota atau kelompok lain dan menggunakan referensi yang tepat. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap pelaporan. Hasil penelitian adalah (1) Peran Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi diri siswa di MTs Al-Ma’arif adalah (a) menjalin kedekatan dengan siswa, (b) selalu intens memberikan tuturkata yang baik (c) pembiasaan keagamaan (2) Peran Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan motivasi diri siswa di MTs Al-Ma’arif adalah (a) pembinaan target cita-cita (b) pembandingan prestasi terhadap siswa lain (c) pemberian contoh baik (3) faktor pendukung dan penghambat Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi dan motivasi diri siswa di MTs Al-Ma’arif Tulungagung (a) kegiatan keagamaan (b) faktor sarana dan prasarana sekolah (c) Faktor latarbelakang lingkungan dan pergaulan siswa (d) faktor emosi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153511 Muhammad Yusuf Effendi
Date Deposited: 20 Jan 2021 08:28
Last Modified: 28 Apr 2021 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17819

Actions (login required)

View Item View Item