RIZKA AMALIA RIBKHANA, 17205163 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MIN 1 TULUNGAGUNG TAHUN 2019/2020. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (469kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (257kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (142kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (99kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa MIN 1 Tulungagung Tahun 2019/2020” ditulis oleh Rizka Amalia Ribkhana, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. NIM. 17205163051, Pembimbing Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd, NIP. 196912042005011005. Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa MIN 1 Tulungagung Tahun 2019/2020. Kajian ini di teliti karena oleh adanya pengaruh lingkungan keluarga harmonis, dan lingkungan keluarga nonharmonis, apakah dengan adanya lingkungan keluarga harmonis berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa MIN 1 Tulungagung. Kemudian apakah dengan adanya lingkungan keluarga nonharmonis berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa MIN 1 Tulungagung. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah : 1) Apakah ada pengaruh lingkungan keluarga harmonis terhadap prestasi belajar siswa MIN 1 Tulungagung tahun 2019/2020 ? 2) Apakah ada Pengaruh lingkungan keluarga non harmonis terhadap prestasi belajar siswa MIN 1 Tulungagung tahun 2019/2020 ?Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah 1) Untuk mengetahui Adakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga harmonis terhadap prestasi belajar siswa MIN 1 Tulungagung tahun 2019/2020. 2) Untuk mengetahui Adakah terdapat Pengaruh lingkungan keluarga nonharmonis terhadap prestasi belajar MIN 1 Tulungagung tahun 2019/2020 Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif, Populasi sebanyak 488 siswa, Sempel siswa kelas 6 MIN 1 Tulunggaung, dengan Responden sebanyak 30 siswa. Sementara pengumpulan data dengan menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Data diperoleh dengan menyebar angket dengan diberikan kepada 30 siswa kelas 6. Penyebaran data pada pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik purposive sampling. Semua data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment yang kemudian dianalisis menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan IBM SPSS (Statistical Product and Service Solution) 20.0 for Windows untuk mengetahui hipotesis yang telah diajukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) berdasarkan hasil dari pengujian Regresi Sederhana diketahui t hitung hitung 4.087 dan nilai tersebut lebih besar dari t tabel 1,697 atau (4.087 > 1,697) dengan nilai signifikasi 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian dalam pengujian ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh positif signifikan antara Pengaruh Lingkungan Keluarga Harmonis (X1) terhadap Prestasi Belajar (Y) siswa MIN 1 Tulungagung Tahun 2019/2020. 2) berdasarkan hasil pengujian . Hasil dari pengujian Regresi Sederhana diketahui t hitung 4,063 adalah dan nilai tersebut lebih besar dari t tabel 1,697 atau (4,063 > 1,697) dengan nilai signifikasi 0,014 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,00 < 0,05). Dengan demikian dalam pengujian ini menunjukan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh positif signifikan antara Lingkungan Keluarga Non Harmonis (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y) MIN 1 Tulungagung Tahun 2019/2020. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga siswa MIN 1 Tulungagung berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa, baik dari lingkungan keluarga harmonis maupun lingkungan keluarga nonharmonis. Jadi, semakin harmonis lingkungan keluarga tersebut semakin tinggi pula prestasi belajar siswa, sebaliknya semakin tidak harmonis lingkungan keluarga semakin rendah pula prestasi belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205163051 RIZKA AMALIA RIBKHANA |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 06:58 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 03:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17827 |
Actions (login required)
View Item |