MOHAMAD NIZAR PRAYOGA, 17201163371 (2020) PERBEDAAN TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MAPEL AQIDAH AKHLAK DI MTS MUJAHIDIN SLUMBUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (817kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (462kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (485kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (297kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Perbedaan Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Terhadap Hasil Belajar Mapel Aqidah Akhlak di MTs Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kabupaten Kediri” ini di tulis oleh Mohamad Nizar Prayoga, NIM 17201163371, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M. Si. Kata Kunci: Berpikir Keatif, Hasil Belajar. Fenomena kualitas dalam bepikir kreatif siswa dalam proses pembelajaran belum maksimal. Berpikir kreatif adalah kemampuan menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap suatu masalah, dimana penekanannya pada kuantitas, ketepatgunaan, dan keberagaman jawaban. Upaya mendorong kemampuan berpikir kreatif sebagai bekal hidup menghadapi tuntutan, perubahan, dan perkembangan zaman umumnya melalui pendidikan yang berkualitas. Semua bidang atau mata pelajaran yang dipelajari tanpa terkecuali harus memulai dan mengarahkan pada tujuan tersebut. Pendidikan tersebut mengantarkan dan mengarahkan peserta didik menjadi pembelajar yang berkualitas dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap mapel Aqidah Akhlak di MTs Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kabupaten Kediri. (2) Mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar mapel Aqidah Akhlak di MTs Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kabupaten Kediri yang berjumlah 320 siswa. Teknik sampling menggunakan random sampling dan sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VIII A dan kelas VIII C yang berjumlah 73 siswa. Adapun metode pengumpulan data menggunakan test. Teknik analisis data menggunakan Independent T Test. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerimaan mapel Aqidah Akhlak dari nilai rata-ratanya yaitu kelas kontrol 56 sedangkan kelas eksperimen 76. (2) Ada perbedaan signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap mapel aqidah akhlak dengan nilai signifikan 0,000 yang mana memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd 17201163371 Mohamad Nizar Prayoga |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 06:41 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 03:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17831 |
Actions (login required)
View Item |