PERBEDAAN TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MAPEL AQIDAH AKHLAK DI MTS MUJAHIDIN SLUMBUNG

MOHAMAD NIZAR PRAYOGA, 17201163371 (2020) PERBEDAAN TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MAPEL AQIDAH AKHLAK DI MTS MUJAHIDIN SLUMBUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Perbedaan Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Terhadap Hasil Belajar Mapel Aqidah Akhlak di MTs Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kabupaten Kediri” ini di tulis oleh Mohamad Nizar Prayoga, NIM 17201163371, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M. Si. Kata Kunci: Berpikir Keatif, Hasil Belajar. Fenomena kualitas dalam bepikir kreatif siswa dalam proses pembelajaran belum maksimal. Berpikir kreatif adalah kemampuan menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap suatu masalah, dimana penekanannya pada kuantitas, ketepatgunaan, dan keberagaman jawaban. Upaya mendorong kemampuan berpikir kreatif sebagai bekal hidup menghadapi tuntutan, perubahan, dan perkembangan zaman umumnya melalui pendidikan yang berkualitas. Semua bidang atau mata pelajaran yang dipelajari tanpa terkecuali harus memulai dan mengarahkan pada tujuan tersebut. Pendidikan tersebut mengantarkan dan mengarahkan peserta didik menjadi pembelajar yang berkualitas dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap mapel Aqidah Akhlak di MTs Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kabupaten Kediri. (2) Mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar mapel Aqidah Akhlak di MTs Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kabupaten Kediri yang berjumlah 320 siswa. Teknik sampling menggunakan random sampling dan sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VIII A dan kelas VIII C yang berjumlah 73 siswa. Adapun metode pengumpulan data menggunakan test. Teknik analisis data menggunakan Independent T Test. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerimaan mapel Aqidah Akhlak dari nilai rata-ratanya yaitu kelas kontrol 56 sedangkan kelas eksperimen 76. (2) Ada perbedaan signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap mapel aqidah akhlak dengan nilai signifikan 0,000 yang mana memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 17201163371 Mohamad Nizar Prayoga
Date Deposited: 21 Jan 2021 06:41
Last Modified: 28 Apr 2021 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17831

Actions (login required)

View Item View Item