TAMARA PUTRI MAHARANI, 17205163134 (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA DI MI DARUSSALAM NGENTRONG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (120kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Skripsi penelitian kuantitatif dengan judul ”Pengaruh metode pembelajaran Team Quiz terhadap Minat dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung” ditulis oleh Tamara Putri Maharani, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. NIM. 17205163134, Pembimbing H. Muh Nurul Huda, M.A, NIP. 197404082007101003. Kata Kunci : Metode Team Quiz, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya metode pembelajaran yang di gunakan dalam penyampaian materi pelajaran akidah akhlak untuk memahami materi. Materi pelajaran yang disajikan dengan metode yang monoton akan menjadikan siswa mengalami kesulitan untuk lebih mendalami makna atau substansi dari materi yang disampaikan. Tentu dalam proses pembelajaran ini tidak terlepas dari peran guru. Untuk itu diperlukan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru yakni menggunakan metode pembelajaran yang mengutamakan kerjasama antara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini di spesifikasikan pada team quiz sebagai metode alternatif dalam proses pembelajaran. Diharapkan metode pembelajaran ini dapat memiliki pengaruh terhadap minat serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak khususnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah:1)Adakah pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap minat belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung?2) Adakah pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap hasil belajar mata pelajaran pada akidah akhlak siswa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung? 3)Adakah pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap minat dan hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menjelaskan pengaruh metode team quiz terhadap minat belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan pengaruh metode team quiz terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. 3) Untuk menjelaskan pengaruh metode team quiz terhadap minat dan hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, populasinya seluruh siswa kelas IV MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Sampelnya adalah 46 siswa, Teknik samplingnya menggunakan simple random sampling, variabel penelitiannya adalah variabel bebas (independent variabel) yakni metode pembelajaran team quiz dan variabel terikat (dependent variabel) yakni minat dan hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak, Teknik pengumpulan data adalah angket dan tes. Analisis data menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji multivariate analisist of variance (MANOVA) dengan menggunakan bantuan aplikasi SPPS. Hasil penelitian : 1) Berdasarkan hasil penelitian , ada pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap minat belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Minat belajar akidah akhlak siswa diketahui nilai taraf signifikansi 0.000 < 0,05. Hasil analisis tersebut menunjukkan Ho (Hipotesis nol) di tolak dan Hₐ (Hipotesis alternatif) di terima, itu berarti ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran team quiz terhadap minat belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas IV di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. 2) Hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa diketahui nilai taraf signifikansi 0.004 < 0,05. Hasil analisis tersebut menunjukkan Ho (Hipotesis nol) di tolak dan Hₐ (Hipotesis alternative di terima), itu berarti ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran team quiz terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas IV di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. 3) Pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap minat dan hasil belajar memiliki tingkat signifikansi menunjukan 0.002 < 0.05, maka Ho di tolak dan Hα diterima. Jadi, ada pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap minat dan hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas IV MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran team quiz terhadap minat dan hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205163134 TAMARA PUTRI MAHARANI |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 06:48 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 04:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17842 |
Actions (login required)
View Item |