STRATEGI PENGEMBANGAN SENTRA INDUSTRI KECIL KERAJINAN GENTENG DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI TENGAH PERSAINGAN GLOBAL (Studi Pada Masyarakat Desa Sumberingin Kulon Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)

BINTI ROIKHATUL JANAH, 17402153173 (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN SENTRA INDUSTRI KECIL KERAJINAN GENTENG DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI TENGAH PERSAINGAN GLOBAL (Studi Pada Masyarakat Desa Sumberingin Kulon Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Strategi Pengembangan Sentra Industri Kecil Kerajinan Genteng Dalam Mempertahankan Eksistensi di Tengah Persaingan Global (Studi Kasus Pada Masyaratkat Desa Sumberingin Kulon Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)” yang ditulis oleh Binti Roikhatul Janah, NIM.17402153173 pembimbing Dyah Pravitasari, SE., MSA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya perkembangan kerajinan genteng di kalangan pengrajin genteng yang dapat berpengaruh terhadap kelangsungan sentra industi genteng di daerah Sumberingin Kulon Ngunut Tulungagung. Fokus penelitian dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pengembangan produksi kerajinan genteng masyarakat Desa Sumberingin Kulon untuk mempertahankan eksistensi di tengah persaingan global. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dirasakan oleh masyarakat Desa Sumberingin Kulon. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendiskripsikan strategi pengembangan produksi kerajinan genteng masyarakat Desa Sumberingin Kulon untuk mempertahankan eksistensi di tengah persaingan global. 2) Untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dapat dirasakan oleh masyarakat Desa Sumberingin Kulon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dimana mengambil lokasi penelitian yaitu di Desa Sumberingin Kulon Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengrajin genteng skala kecil memiliki strategi khusus untuk menunjukkan eksistensinya, strategi tersebut antara lain mempertahankan kualitas, melakukan promosi, membuat inovasi, menjalin kerjasama, dan menjaga kepercayaan. 2) Faktor pendukung dan penghambat yang dirasakan oleh para pengrajin genteng meliputi : a) Faktor pendukung: modal, SDM, dan peralatan. b) Faktor penghambat: bahan baku dan pemasaran. Kata kunci : Strategi, Produksi, Eksistensi, Kerajinan Genteng.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153173 BINTI ROIKHATUL JANAH
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:54
Last Modified: 26 Apr 2021 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17849

Actions (login required)

View Item View Item