AMALIAH AHSANI, 17201163133 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (910kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Amaliah Ahsani (17201163133) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Kecerdasan Spiritual Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi bahwa seorang pendidik memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan, begitu pula dalam pendidikan Islam. Pendidik tidak hanya menjalankan fungsi alih ilmu pengetahuan, tetapi juga berfungsi untuk menanamkan nilai serta membangun karakter peserta didik secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Agama memiliki peran penting dalam kehidupan umat manusia, karena agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Oleh karena itu, seorang pendidik diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada peserta didik. Dalam hal ini penulis mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui nilai sidiq di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui nilai amanah di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui nilai tabligh di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, pemeriksaan sejawat dan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui nilai sidiq di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung adalah guru memberi contoh atau teladan yang baik kepada siswa dengan selalu berperilaku jujur baik dalam perkataan maupun perbuatan, guru membiasakan siswa untuk selalu berperilaku jujur, yaitu dengan pembiasaan shalat dhuha, shalat dzuhur dan shalat jum‟at di sekolah, guru memberikan nasehat kepada siswa agar senantiasa berperilaku jujur dimanapun berada, guru melakukan evaluasi terhadap anak yang tidak mau melaksanakan shalat jum‟at dan diberi bimbingan agar mereka mengikuti kegiatan keagamaanyang ada di sekolah 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui nilai amanah di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung adalah guru memberi contoh atau teladan yang baik kepada siswa dengan selalu berperilaku amanah, guru memberikan tugas kepada siswa sehingga akan tertanam nilai amanah dan rasa tanggung jawab didalam dirinya, guru memberikan nasehat kepada siswa agar senantiasa berperilaku amanah. 3) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui nilai tabligh di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung adalah guru memberi contoh atau teladan yang baik kepada siswa dengan menyampaikan ilmu/pengetahuan yang dimiliki kepada orang lain, guru menunjuk beberapa siswa yang lancar membaca al-Qur‟an nya untuk menjadi tutor bagi temannya yang belum bisa atau kurang lancar dalam membaca al-Qur‟an, guru memberi nasehat kepada siswa untuk menerapkan nilai tabligh.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163133 AMALIAH AHSANI |
Date Deposited: | 22 Jan 2021 02:59 |
Last Modified: | 22 Jan 2021 02:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17875 |
Actions (login required)
View Item |