IMPLEMENTASI EKSTRKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 7 TULUNGAGUNG

HANIFATI SOLEKHAH, 17201163186 (2020) IMPLEMENTASI EKSTRKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Hanifati Solekhah. NIM 17201163186. Implementasi Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MTs Negeri 7 Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung: Pembimbing Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci : Ekstrakurikuler Keagamaan, Karakter Religius. Realita yang dihadapi bangsa Indonesia mengenai pergeseran moral dari berbagai kalangan, khususnya para remaja. Membuat madrasah harus memiliki peran penting untuk membentuk karakter yang berlandaskan Al-Qurán dan Assunnah. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan diharapkan dapat membantu mewujudkan penerapan nilai-nilai karakter yang belum sempat tersampaikan dijam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan ini dapat membantu menggali potensi peserta didik dan dapat mengaplikasikan nilai-nilai karakter religius dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Maka perlu adanya suatu pembahasan yang mengenai bagaimana membentuk karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, agar madrasah dapat merealisasikan tujuan pendidikan nasional dan memberikan bekal kepada peserta didik mengenai nilai-nilai karakter yang harus dimilikinya kelak untuk membentengi diri mereka sendiri. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Negeri 7 Tulungagung?; (2) Bagaimana hambatan implementasi ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Negeri 7 Tulungagung?; (3) Dampak implementasi ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Negeri 7 Tulungagung?. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Negeri 7 Tulungagung?; (2) Untuk mendeskripsikan hambatan implementasi ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Negeri 7 Tulungagung?; (3) Untuk mendeskripsikan dampak implementasi ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Negeri 7 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya deskripsi studi kasus. Sumber data Guru pembimbing ekstrakurikuler keagamaan, peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler keagamaan dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamat, triangulasi, dan pembahasan teman sejawat), keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil dari Implementasi Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MTs Negeri 7 Tulungagung: ekstrakurikuler Halwa dan Kajian Kitab Kuning dengan metode cerita membentuk karakter berupa sikap sopan santun, ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qurán (BTQ) dengan metode nasihat dan pembiasaan membentuk karakter berupa sikap bersosialisasi, dan ekstrakurikuler Hadrah menggunakan metode pembiasaan membentuk karakter sikap spiritual. Kedua, Hamabatan Implementasi Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MTs Negeri 7 Tulungagung berupa hambatan internal. Ketiga, Dampak Implementasi Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MTs Negeri 7 Tulungagung adalah manusia yang berbudi pekerti, manusia Quráni dan manusia yang bertaqwa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163186 HANIFATI SOLEKHAH
Date Deposited: 26 Jan 2021 02:48
Last Modified: 27 Apr 2021 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17950

Actions (login required)

View Item View Item