PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PERKEMBANGAN DAKWAH DI MEDIA SOSIAL STUDI KASUS AKUN @ALA_NU

ZIDA ZAKIYATUL HUSNA, 17304163006 (2020) PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PERKEMBANGAN DAKWAH DI MEDIA SOSIAL STUDI KASUS AKUN @ALA_NU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (681kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Zida Zakiyatul Husna, 17304163006, “Peran Media Sosial Instagram Dalam Perkembangan Dakwah Di Media Sosial Studi Kasus Akun @ala_nu”, Skripsi 2020, Program Strata satu, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Ucik Ana fardilla S.Si., M.I.Kom. Kata Kunci: Media Sosial Instagram, Dakwah, Akun @ala_nu. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini semakin canggih menjadikan segala kegiatan dapat dilakukan. Salah satu kegiatan yang muncul dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut adalah berdakwah dengan menggunakan media baru yakni media sosial Instagram. Hal tersebut dilakukan karena jangkauan yang dimiliki media sosial Instagram tersebut sangatlah luas dan sangat mudah diakses oleh semua kalangan. Seperti yang dilakukan oleh pemilik akun @ala_nu yang menjadikan Instagram sebagai media dalam menyebarkan ajaran-ajaran Islam. Dengan membuat konten-konten dakwah yang menarik dan diunggah pada media sosialnya. Berdasarkan latar belakang diatas, timbul pertanyaan penelitian. Bagaimana ststistik pengunjung akun @ala_nu ? Bagaimana komentar pengunjung akun @ala_nu ? Dan bagaimana efektivitad dakwah pada akun @ala_nu terhadap pengunjung akun @ala_nu ?. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah followers akun @ala_nu. Sampel penelitian ditentukan secara simple random sampling, dimana peneliti memilih sample dari populasi secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan study literatur. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa: berdasarkan data statistik, menunjukkan bahwa akun @ala_nu merupakan akun dakwah yang banyak diminati pengguna Instagram. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah followers, like, serta komentar- komentar positif dari pengunjung akun @ala_nu. Komentar-komentar yang diberikan oleh pengunjung mayoritas merupakan komentar-komentar positif dan membangun.Dan efektivitas penggunaan media sosial Instagram sebagai media dakwah dianggap sangat efektif dalam penyebaran materi dan pesan dakwah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 1304163006 ZIDA ZAKIYATUL HUSNA
Date Deposited: 26 Jan 2021 06:36
Last Modified: 03 May 2021 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17962

Actions (login required)

View Item View Item