PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs NEGERI 1 BLITAR

ERLIA FITRI ANA, 17204163059 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs NEGERI 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (932kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (436kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Negeri 1 Blitar” ini ditulis oleh Erlia Fitri Ana, NIM. 17204163059, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Penelitian dan Pengebangan, Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Penemuan Terbimbing. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi belajar mengajar, dimana minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika selalu rebih rendah. Dalam hal ini diperlukannya pembelajaran yang berinovasi dengan harapan siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran dan dapat melatih kemandirian siswa untuk menemukan, menerapkan dan memperdalam konsep matematika. Oleh karena itu, untuk mendorong siswa lebih aktif dibuatlah sebuah produk pengembangan bahan ajar yang berupa LKS dengan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana validitas, kepraktisan, dan efektifitas hasil pengembangan LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Negeri 1 Blitar?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan hasil pengembangan LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Negeri 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Berdasarkan pengembangan LKS yang akan dikembangkan, peneliti mengacu pada rancangan penelitian dan pengembangan modifikasi Borg & Gall. Peneliti hanya melakukan 6 tahap saja, dikarenakan penelitian ini hanya menghasilkan produk terbatas. Berdasarkan hasil validasi LKS yang dikembangkan secara keseluruhan diperoleh nilai RTV sebesar 3,10 dengan kriteria valid (dengan perbaikan). Sedangkan hasil dari respon siswa terhadap LKS mendapatkan persentase 78% dengan kriteria praktis. Hasil validasi post-test memperoleh nilai RTV sebesar 3,15 dengan kriteria valid (dengan perbaikan). Berdasarkan hal tersebut hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan rata-rata nilai sebesar dan kelas kontrol sebesar . Hasil analisis data nilai post-test secara manual mendapatkan nilai sebesar dan dalam . Sedangkan hasil uji t menggunakan SPSS 24 menghasilkan taraf sig.(2 – tailed) . Maka hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa siswa yang menggunakan LKS dengan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan LKS dengan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing, sehingga LKS ini dapat dikatakan layak digunakan karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163059 ERLIA FITRI ANA
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:18
Last Modified: 27 Apr 2021 03:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18063

Actions (login required)

View Item View Item