PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN TOTAL PEMBIAYAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2016-2018

SITI KHOLIFATUL ROFI’AH, 17401163094 (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN TOTAL PEMBIAYAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2016-2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran perusahaan dan Total Pembiayaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Bank Umum Syariah periode 2016-2018” ini dituli oleh Siti Kholifatul Rofi’ah, NIM 17401163094, pembimbing Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pesatnya pertumbuhan bank umum syariah di Indonesia sehingga mendorong lahirnya etika pengungkapan tanggung jawab sosial. Sebagai entitas yang berbasis Islam, sudah sepatutnya bank syariah memperhatikan lingkungan dan masyarakat sekitar sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab terhadap umat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan total pembiayaan terhadap terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Bank Umum Syariah tahun 2016-2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis asosiatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahuan Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2016-2018. Total sampel yang diuji sebanyak 10 Bank Umum Syariah dengan 30 Annual report yang dipilih menggunakan metode Purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Pengelolaan data menggunakan program softwere Eviews 11. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) variabel profitabilitas berpengaruh tidak signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). 2) variabel ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). 3) variabel total pembiayaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). 4) Keseluruhan secara simultan menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, ukuran peruahaan, dan total pembiayaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Kata Kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Total Pembiayaan, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401163094 SITI KHOLIFATUL ROFI’AH
Date Deposited: 01 Feb 2021 06:38
Last Modified: 29 Apr 2021 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18105

Actions (login required)

View Item View Item