HIDAYATUL KHASANAH, 17506164034 (2018) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAK TERPUJI (Studi Multisitus Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Falah Sumbergempol dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sunan Kalijaga Kalidawir Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Hidayatul Khasanah, 17506164034, “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlak Terpuji (Studi Multi Situs Madrasah Tsanawiyah(MTs) Darul Falah Sumbergempol Dan Madrasah Tsanawiyah(MTs) Sunan Kalijaga Kalidawir Tulungagung)” Tesis 2018, Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr.Agus Zaenul Fitri, M.Pd., dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Membentuk Akhlak Terpuji Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh pendidikan yang dijadikan pusat perubahan perilaku yang baik, maka dibutuhkan beberapa unsur dalam pendidikan untuk dijadikan agen perubahan sikap dan perilaku manusia. Unsur tersebut adalah tenaga pendidik (pengajar), materi pengajaran, metodologis pengajaran dan lingkungan sekolah. Dengan demikian lingkungan pendidikan sangat mempengaruhi jiwa anak didik.Selain itu lokasi penelitian adalah sekolah yang berbasis Madrasah Tsanawiyah sehingga kegiatan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas akan sangat membentuk akhlak siswa ke arah akhlak terpuji. Berdasarkan latar belakang diatas, fokus penelitian ini adalah sebagai berikut: (1)Bagaimana strategi pembelajaran guru akidah akhlak dalam membentuk akhlak kepada Allah Swt di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Falah Sumbergempol dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sunan Kalijaga Kalidawir Tulungagung?, (2)Bagaimana strategi pembelajaran guru akidah akhlak dalam membentuk akhlak kepada sesama di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Falah Sumbergempol dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sunan Kalijaga Kalidawir Tulungagung?, (3)Bagaimana strategi pembelajaran guru akidah akhlak dalam membentuk akhlak kepada lingkungan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Falah Sumbergempol dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sunan Kalijaga Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multisitus, lokasinya di MTs Darul Falah dan MTs Sunan Kalijaga.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu analisis data dalam situs dan analisis lintas situs. Analisis lintas situs dimaksudkan sebagai proses membandingkan temuan-temuan yang diperoleh dari masing-masing situs sekaligus sebagai proses memadukan temuan antar situs. Pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan kreadibilitas.Hal ini dikarenakan derajat tersebut sudah mencukupi kapasitas dalam pengecekan keabsahan data pada penelitian ini. Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data, penelitian ini menghasilkan tiga temuan. (1) Strategi guru Akidah Akhlak dalam membentuk Akhlak kepada Allah di MTs Darul Falah:membentuk ketauhidan kepada Allah melalui pembiasaan, membentuk taqwa kepada Allah melalui demonstrasi dan
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17506164034 HIDAYATUL KHASANAH |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 04:25 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 03:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18162 |
Actions (login required)
View Item |