ANALISIS PENGARUH FAKTOR PENGETAHUAN KEUANGAN DAN DEMOGRAFI TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH PELAKU BISNIS DALAM MENINGKATKAN INVESTASI(Studi PadaPedagang Suku Cadang Mobil dan Spare Part Komputer di Tulungagung)

EVA NURJANNAH, 12508174011 (2019) ANALISIS PENGARUH FAKTOR PENGETAHUAN KEUANGAN DAN DEMOGRAFI TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH PELAKU BISNIS DALAM MENINGKATKAN INVESTASI(Studi PadaPedagang Suku Cadang Mobil dan Spare Part Komputer di Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Analisis Pengaruh factor Pengetahuan Keuangan dan Demografi Terhadap Manajemen Keuangan Syariah Pelaku Bisnis Dalam Meningkatkan Investasi (Studi pada pedagang suku cadang mobil dan spare part komputer) yang ditulis oleh Eva Nurjannah, NIM 12508174011 , pebimbing 1 Dr. Hj. Nur Aini Latifah SE.MM dan pembimbing II Drs.H. Mashudi.M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya usaha yang ada di Tulungagung, akan tetapi pada kerjanya tidak adanya laporan keuangan yang baik. Sedangkan pendapatan yang dimiliki cukup besar. Selain itu dengan banyaknya pendapatan yang dimiliki ada sebagian besar pelaku bisnis tidak mengunakan pendapatan tersebut untuk invetasi usaha, tetapi digunakan untuk berfoya foya. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah (1) Apakah Pengetahuan keuangan berpengaruh terhadap manajemen keuangan syariah pelaku bisnis?. (2) Apakah factor demografi tingkat pendidikan berpengaruh terhadap manajemen keuangan syariah pelaku bisnis?. (3) Apakah factor demografi tingkat pendapatan berpengaruh terhadap manajemen keuangan syariah pelaku bisnis?. (4) Apakah factor demografi gaya hidup berpengaruh terhadap manajemen keuangan syariah pelaku bisnis?. (5) Apakah pengetahuan keuangan dan factor demografi secara bersama sama berpengaruh terhadap manajemen keuangan syariah pelaku bisnis?. Pada penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran angket yang telah diisi oleh semua karyawan dan staf yang ada, serta pimpinan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian asosiatif, yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas dan reabilitas data, uji normalitas data, ujia sumsi klasik, uji regresi, uji korelasi, uji hipotesis (Uji F dan Uji T) dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian pada toko “wajak auto part” menunjukkan bahwa pengetahuan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap manajemen keuangan syariah dalam meningkatkan investasi. Sedangan faktor demografi berpengaruh negative tidak signifikan terhadap manajemen keuangan syariah. Untuk hasi lpenelitian pada toko “prima mandiri komputer” baik pengetahuan keuangan dan factor demografi berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen keuangan syariah dalam meningkatkan investasi. Dari uji diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pada tempat penelitian I factor demografi sama sekali tidak berpengaruh terhadap manajemen keuangan syariah dan kedua variable bebas secara bersama sama berpengaruh negative terhadap manajemen keuangan syariah. Sedangkan pada tempat penelitian II pengetahuan keuangan dan factor demografi berpengaruh positif secara signifikan terhadap manajemen keuangan syariah dan kedua variable bebas secara bersama sama berpengaruh terhadap manajemen keuangan syariah. Kata Kunci :Pengetahuan Keuangan, Faktor Demografi, Manajemen Keuangan Syariah, Investasi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12508174011 EVA NURJANNAH
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:20
Last Modified: 27 Apr 2021 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18213

Actions (login required)

View Item View Item