PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

SITI NURSAMSIYAH, 17205163312 (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perhatian Orang Tua Tehadap Hasil Belajar Siswa MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Nursamsiyah, NIM. 17205163312, Dosen Pembimbing: Hj. Indah Komsiyah, S.Ag. M.Pd. NIP. 197605182007012021 Kata Kunci :Kecerdasan Emosional, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan dilapangan bahwa terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran. Para siswa mudah menyerah dan berpikir masa bodoh dengan dirinya sendiri. Mereka lebih suka bergurau ataupun main sendiri di dalam kelas. Semua sikap yang ditimbulkan oleh peserta didik ini berpusat pada emosi yang ada pada diri mereka. Keadaan emosi ini berikutnya mempengaruhi mereka pada saat menerima pelajaran. Selain itu keberhasilan pendidikan anak pada umumnya dapat ditinjau melalui prestasi belajar siswa di sekolah. Keberhasilan tersebut dapat diraih dengan pengembangan usaha yang dilakukan orang tua dirumah misalnya dalam bentuk pemberian perhatian, pengarahan, dan bimbingan belajar kepada anak. Berdasarkan latar belakang masalah di atas penulis bermaksud mengadakan penelitian tentang pengaruh kecerdasan emosional dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? (2) Adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa MI Miftahul Huda Bajarejo Rejotangan Tulungagung? (3) Apakah ada pengaruh antara kecerdasan emosional siswa dan perhatianorang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional tehadap hasil belajar siswa MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua tehadap hasil belajar siswa MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan emosional siswa dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian correlation research. Metode data yaitu berupa angket kecerdasan emosional, angket motivasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Penilaian Akhir Semester (PAS) semester 1 peserta didik MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai t hitung (1,598) >t tabel (2,010) dan pada taraf nilai Sig. 0,117 < 0,05. Sehingga dalam pengujian ini bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti bahwa tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Penilaian Akhir Semester (PAS) Semester 1 siswa MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar Penilaian Akhir Semester (PAS) semester 1 peserta didik MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai t hitung (829) >t tabel (2,010) dan pada taraf nilai Sig. 0,411 < 0,05. Sehingga dalam pengujian ini bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti bahwa tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar Penilaian Akhir Semester (PAS) Semester 1 siswa MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar Penilaian Akhir Semester (PAS) semester 1 peserta didik MI Miftahul Huda BanjarejoRejotanganTulungagung. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai F hitung (12,282)>F tabel (2,80) dan Sig. (0,000 )< (0,05). Sehingga dalam pengujian ini bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar Penilaian Akhir Semester (PAS) Semester 1 siswa MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163312 SITI NURSAMSIYAH
Date Deposited: 09 Feb 2021 05:36
Last Modified: 29 Apr 2021 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18215

Actions (login required)

View Item View Item