PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIKIH SISWA KELAS III MIN 11 BLITAR

ALFI ANIKE PUTRI, 17205163183 (2020) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIKIH SISWA KELAS III MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Minat Belajar Fikih Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar” yang ditulis oleh Alfi Anike Putri, NIM. 17205163183, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Penggunaan, Media Pembelajaran, Audio Visual, Minat Belajar, Fikih Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran fikih. Kurangnya minat belajar tersebut harus diatasi oleh guru. Cara mengatasi agar minat belajar peserta didik meningkat dengan menggunakan media audio visual. Penggunaan media audio visual sangat cocok bila digunakan dalam pembelajaran fikih, karena dalam pembelajaran fikih terdapat fenomena-fenomena yang akan lebih menarik jika disajikan dalam media audio visual. Media audio visual yang menarik diharapkan mampu menumbuhkan minat belajar peserta didik agar tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai seoptimal mungkin. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan minat belajar fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar? 2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan media audio visual untuk meningkatkan minat belajar fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar ? 3) Bagaimana penilaian penggunaan media audio visual dalam meningkatkan minat belajar fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan minat belajar fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media audio visual untuk meningkatkan minat belajar fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar. 3) Untuk mendeskripsikan penilaian penggunaan media audio visual dalam meningkatkan minat belajar fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar. Data yang peneliti dapatkan dari guru fikih, guru akidah akhlak, kepala madrasah, dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakakan untuk mengumpulkan data berupa fakta-fakta dilapangan terkait dengan penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Wawancara digunakan untuk mendapatkan data dariinforman tentang penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperkuat data tentang dokumen yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Hasil penelitian : 1) perencanaan penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan minat belajar fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar yaitu dilaksanakan dengan beberapa tahap yang pertama penyesuaian materi, mempersiapkan alat, alat yang perlu dipersiapkan dalam penggunaan media audio visual adalah laptop, TV LED, video. yang terakhir, mempersiapkan materi dan menyusun RPP. 2) pelaksanaan penggunaan media audio visual untuk meningkatkan minat belajar fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar yaitu guru mempersiapkan alat di dalam kelas, guru mengecek alat-alat yang akan digunakan berupa laptop, tv led saat siswa sedang istirahat, guru menyampaikan materi dengan media audio visual, guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan, guru melakukan tanya jawab dan diskusi dengan peserta didik, guru melakukan game dengan media gambar. Pemberian Soal. 3) penilaian penggunaan media audio visual dalam meningkatkan minat belajar fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar yaitu media audio visual memudahkan guru menjelaskkan materi, minat belajar peserta didik meningkat, peserta didik aktif tanya jawab dan diskusi, hasil nilai peserta didik diatas rata-rata karena materi lebih mudah dipahami peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163183 ALFI ANIKE PUTRI
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:36
Last Modified: 26 Apr 2021 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18218

Actions (login required)

View Item View Item