DIMAS KHALID EL BUSYAIRY, 17205163037 (2020) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (999kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (116kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (228kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dimas Khalid El Busyairi. 2020. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas II MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata kunci: Upaya Guru, Prestasi Hasil Belajar, Media Gambar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa. Guru perlu memberikan upayanya dalam pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar bagi siswa, yaitu salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran berupa media gambar. Penggunaan media pengajaran dapat mempertinggi kualitas proses belajar mengajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hasil belajar para siswa. Fokus penelitian ini adalah 1) Upaya guru menggunakan media realita dalam meningkatkan prestasi hasil belajar mata pelajaran Fiqih. 2) Upaya guru menggunakan media gambar dalam meningkatkan prestasi hasil belajar mata pelajaran Fiqih. 3) Evaluasi penggunaan media realita dan media gambar dalam meningkatkan prestasi hasil belajar mata pelajaran Fiqih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru menggunakan media realita dan media gambar serta evaluasi media tersebut dalam meningkatkan prestasi hasil belajar mata pelajaran Fiqih Kelas II MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa Person (orang), Place (tempat), dan Paper. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan langkahlangkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Upaya Guru Menggunakan Media Realita Dalam Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih adalah: a) Media realita berupa benda dan benda tidak hidup, b) Media realita disesuaikan dengan materi Fiqih, c) Menggunakan media realita yang menarik, d) Penggunaan media realita disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik. 2) Upaya Guru Menggunakan Media Gambar Dalam Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas II MI Miftahul Huda Banjarejo adalah: a) Media gambar disesuikan dengan materi pembelajaran, b) Media gambar yang digunakan dibuat guru dengan menarik, c) Media gambar dikombinasikan dengan berbagai metode pembelajaran. 3) Evaluasi pembelajaran Fiqih dengan menggunakan media realita dan media gambar menggunakan tes lisan dan tulis. Adapun hasil evaluasinya adalah siswa lebih aktif, siswa termotivasi dan lebih giat, memudahkan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran, memudahkan peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan berkaitan dengan materi, dan meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205163037 DIMAS KHALID EL BUSYAIRY |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 04:58 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 02:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18235 |
Actions (login required)
View Item |