AHMAD LUGMAN FAJARI, 17208163016 (2021) ANALISIS PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X OLEH MAHASISWA MAGANG DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (908kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (312kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Kelas X oleh Mahasiswa Magang di Kabupaten Tulungagung” ditulis oleh Ahmad Lugman Fajari, NIM. 17208163016, Pembimbing Ainun Nikmati Laily, M.Si. Kata Kunci : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Penyusunan, Mahasiswa Magang. Mahasiswa Magang merupakan mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah magang untuk terwujudnya calon guru yang berkompeten, pembentukan ketrampilan, pengembangan pengetahuan, dan peneguhan sikap dalam pendidikan bisa dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran berbuat. Program magang dimaksudkan untuk menyediakan pengalaman belajar kepada mahasiswa calon guru dalam situasi nyata di lapangan untuk memantapkan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial dalam rangka memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Adapun tujuan pelaksanaan magang yakni terampil menyusun perangkat pembelajaran dan terampil dalam menerapkan praktik pembelajaran pada latar kelas sesungguhnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi kelas X semester ganjil sesuai Kurikulum 2013 yang dilakukan oleh Mahasiswa Magang Jurusan Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri Tulungagung disejumlah Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini terbagi dalam persiapan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, pemahaman prinsip penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan kesulitan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bersifat naturalistik yaitu penelitian yang dilakukan pada kondisi alamiah dan data yang diperoleh selanjutnya dijelaskan secara mendalam. Teknik pengumpulan data dari lapangan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kusioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan dengan pengujian keabsahan data menggunakan uji kredebilitas teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran oleh mahasiswa sebesar 70% karena mahasiswa magang kurang mengetahui dasar penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016. Pemahaman prinsip penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran oleh mahasiswa magang sebesar 83,8% karena mahasiswa magang belum pernah mengikuti pelatihan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Proses penyusunan rencana pelaksanan pembelajaran mahasiswa magang sebesar 65% karena mahasiswa magang tidak mempersiapkan perangkat pembelajaran yang lengkap sebelum menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | S1 17208163016 ahmad lugman fajari |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:19 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 02:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18308 |
Actions (login required)
View Item |