EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL SISWA KELAS XI JURUSAN TKJ DI SMKN 1 BAKUNG

ISNAINI, 17306163062 (2021) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL SISWA KELAS XI JURUSAN TKJ DI SMKN 1 BAKUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa Kelas XI Jurusan TKJ di SMKN 1 Bakung” yang ditulis oleh Isnaini, dengan NIM 17206163062, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci : Bimbingan kelompok, Teknik Diskusi, Kecerdasan Moral Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik diskusi dalam meningkatkan kecerdasan moral siswa kelas XI jurusan TKJ di SMKN 1 Bakung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 16 siswa yang memiliki tingkat kecerdasan moral rendah, 8 siswa dari kelas XI TKJ 1 sebagai kelompok kontrol dan 8 siswa dari kelas XI TKJ 2 sebagai kelompok eksperimen. Pengukuran tingkat kecerdasan moral ini menggunakan uji independent sample t-test. Hasil yang diperoleh yaitu nilai thitung sebesar 14,207 dengan df 14 dan ttabel sebesar 2,145 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Diketahui bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 109,3750 dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 76,1250 yang menunjukan terjadinya peningkatan kecerdasan moral sesudah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen. Adapun hasil perhitungan menggunakan N-Gain score untuk kelompok eksperimen memiliki nilai N-Gain rata-rata 129,45% > 70% termasuk dalam kategori efektivitas tinggi. Sementara untuk kelompok control memiliki nilai N Gain rata-rata 26,65 % < 40% termasuk dalam kategori efektivitas rendah. Sehingga dapat dikatakan bahwa bimbingan kelompok teknik diskusi efektif dalam meningkatkan kecerdasan moral siswa kelas XI jurusan TKJ di SMKN 1 Bakung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163062 ISNAINI
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:35
Last Modified: 09 Feb 2021 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18326

Actions (login required)

View Item View Item