NURMA YULISTIYANINGRUM, 17402163371 (2021) STRATEGI BERSAING DALAM PENGEMBANGAN PRODUK HOME INDUSTRIPIA ETHES DI DESA NGADIREJO KECAMATAN POGALAN KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (40kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (195kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (271kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Bersaing dalam Pengembangan Produk Home Industri Pia Ethes di Desa Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Nurma Yulistiyaningrum, NIM. 17402163371, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin beragamnya kebutuhan masyarakat, sehingga banyak pula ide usaha bisnis yang berkembang. Hal ini berdampak terhadap munculnya persaingan bisnis. Oleh karena itu, diperlukannya penerapan strategi bersaing dalam pengembangan produk bagi perusahaan besar maupun home industri, termasuk home industri Pia Ethes di Trenggalek. Strategi bersaing tersebut meliputi strategi keunggulan biaya, fokus, dan diferensiasi. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi bersaing melalui strategi keunggulan biaya dalam pengembangan produk home industri Pia Ethes di Desa Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek? (2) Bagaimana penerapan strategi bersaing melalui strategi fokus dalam pengembangan produk home industri Pia Ethes di Desa Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek? (3) Bagaimana penerapan strategi bersaing melalui strategi diferensiasi dalam pengembangan produk home industri Pia Ethes di Desa Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek? (4) Apa faktor penghambat dan pendukung strategi bersaing dalam pengembangan produk home industri Pia Ethes di Desa Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan teknik tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi bersaing melalui strategi keunggulan biaya dalam pengembangan produk home industri Pia Ethes dengan menciptakan harga Pia Ethes dengan harga yang terjangkau, 2) Penerapan strategi bersaing melalui strategi fokus dalam pengembangan produk home industri Pia Ethes dengan pemasaran di daerah lokal dan berfokus pada geografis tertentu yang ada di Bali. 3) Penerapan strategi bersaing melalui strategi diferensiasi dalam pengembangan produk home industri Pia Ethes dengan menciptakan varian rasa terbaru, kemasan produk yang unik dan aman, dan kualitas produk yang tinggi. 4) Faktor penghambat strategi bersaing dalam pengembangan produk home industri Pia Ethes yaitu belum adanya sertifikasi halal, terbatasnya sumber daya manusia, dan kurangnya permodalan. Faktor pendukung strategi bersaing dalam pengembangan produk home industri Pia Ethes yaitu adanya kebijakan pemberian bonus, luasnya pemasaran, adanya penciptaan produk baru, dan perkembangan teknologi. Kata kunci : strategi bersaing, pengembangan produk, dan home industri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 17402163371 NURMAYULISTIYANINGRUM |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 04:31 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 04:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18394 |
Actions (login required)
View Item |