PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF SEBAGAI PENGGERAK INDUSTRI PARIWISATA BERBASIS DESA WISATA DI KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG

NISA MEIDA KURYANTI, 17402163323 (2021) PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF SEBAGAI PENGGERAK INDUSTRI PARIWISATA BERBASIS DESA WISATA DI KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (848kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (634kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Ekonomi Kreatif Sebagai Penggerak Industri Pariwisata Berbasis Desa Wisata di Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Nisa Meida Kuryanti, NIM. 17402163323, Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh potensi yang ada di tempat wisata dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi kreatif guna meningkatkan industry pariwisata. Maka industry pariwisata perlu memperhatikan pengembangan potensi pariwisata dan kegiatan ekonomi kreatif yaitu Wisata Koptan Ori Green yang menggunakan strategi industry destinasi, strategi pemasaran, dan strategi kelembagaan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengelolaan sektor industry kreatif (UMKM) di desa wisata Sendang (Wisata Koptan Ori Green)? (2) Bagaimana hambatan dalam pengelolaan pengembangan ekonomi kreatif di desa wisata Sendang (Wisata Koptan Ori Green)? (3) Bagaimana kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada pada kawasan desa wisata Sendang (Wisata Koptan Ori Green)? (4) Bagaimana strategi pengembangan ekonomi kreatif di desa wisata Sendang (Wisata Koptan Ori Green)? Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan SWOT, yaitu metode yang digunakan untuk mengukur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu spekulasi bisnis. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan membuat kerangka SWOT. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT yang di dalamnya berisi kolaborasi antara faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Obyek Wisata Koptan Ori Green menunjukkan bahwa 1) Pengelolaan industry kreatif dilakukan dengan mempertimbangkan sapta pesona. 2) Hambatan yang dihadapi yaitu kurangnya akses ajalan yang memada, namun didukung dengan pengembangan macam produk, mengadakan inovasi, strategi pemasaran melalui media sosial, serta mendapat dukungan dari masyarakat serta pemerintah, adanya potensi unggulan hasil peternakan yaitu susu. 3) Peningkatan SDM dilakukan dengan berkolaborasi bersama pemerintah melalui program pelatihan, dan program internal melalui training dan evaluasi kinerja. 4) Strategi yang dilakukan Wisata Koptan Ori Green dalam mengembangkan potensi pariwisata yaitu dengan memanfaatkan izin usaha untuk mendapatkan dukungan dan kepercayaan investor, memanfaatkan otonomi daerah untuk mengelola potensi Wisata Koptan Ori Green, meningkatkan jumlah produk dan kualitas produk, membangun dan memperbaiki sarana serta prasarana dan pemeliharaan tempat wisata. Kata Kunci : Strategi Pengembangan Pariwisata, Ekonomi Kreatif , Desa Wisata

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163323 NISA MEIDA KURYANTI
Date Deposited: 09 Feb 2021 07:15
Last Modified: 09 Feb 2021 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18419

Actions (login required)

View Item View Item