EVA SYAHRUR ROHMAH, 12506184019 (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER BERPARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF (PPR) TERHADAP CONSCIENCE DAN COMPASSION SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMKN SE-KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (740kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (758kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (642kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (860kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (700kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (739kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (603kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Pendidikan Karakter Berparadigma Pedagogi Reflektif (PPR) terhadap Peningkatan Conscience dan Compassion Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN Se-Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Eva Syahrur Rohmah, NIM. 12506184019, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Pascasarjana IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dan Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kunci: Pendidikan Karakter, Paradigma Pedagogi Reflektif, Conscience, Compassion Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan karakter berparadigma pedagogi reflektif yaitu untuk membentuk dan membangun pola pikir, hati nurani (conscience), dan sikap, perilaku siswa agar menjadi pribadi yang positif, berakhlak karimah, berjiwa luhur, dan bertanggung jawab (compassion). Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana Pengaruh Pendidikan Karakter Berparadigma Pedagogi Reflektif (PPR) terhadap Peningkatan Conscience dan Compassion Mata Pelajaran (PAI) di SMKN Se Kabupaten Trenggalek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)Adakah pengaruh pendidikan karakter berparadigma pedagogi reflektif (PPR) terhadap peningkatan conscience siswa mata pelajaran (PAI) di SMKN Se-Kabupaten Trenggalek? 2)Adakah pengaruh pendidikan karakter berparadigma pedagogi reflektif (PPR) terhadap peningkatan compassion siswa mata pelajaran (PAI) di SMKN Se Kabupaten Trenggalek? 3)Adakah pengaruh pendidikan karakter berparadigma pedagogi reflektif (PPR) terhadap peningkatan conscience dan compassion siswa mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SMKN Se-Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Populasinya adalah seluruh siswa di SMKN 1 Trenggalek dan SMKN 1 Pogalan. Teknik pengambilan samplingnya dilakukan dengan purposive sampling. (1)uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), (2)uji hipotesis (uji manova). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Berdasarkan uji manova untuk coscience siswa diperoleh nilai Sig. 0,000<0,05 sehingga Ha diterima, artinya Ada pengaruh antara penerapan pendidikan karakter berparadigma pedagogi reflektif terhadap conscience siswa pada mata pelajaran (PAI) di SMKN Se-Kabupaten Trenggalek 2)Berdasarkan uji manova untuk compssion diperoleh nilai Sig. 0,000<0,05 sehingga Ha diterima, artinya Ada pengaruh antara penerapan pendidikan karakter berparadigma pedagogi reflektif terhadap compassion siswa pada mata pelajaran PAI Se-Kabupaten Trenggalek. 3)Berdasarkan uji MANOVA untuk conscience dan compassion siswa diperoleh nilai ke-empat p-value (Sig.) 0,000<0,05 sehingga Ha diterima, artinya Ada pengaruh antara penerapan pendidikan karakter berparadigma pedagogi reflektif terhadap conscience dan compassion siswa pada mata pelajaran (PAI) di SMKN Se-Kabupaten Trenggalek.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506184019 EVA SYAHRUR ROHMAH |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 04:41 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 03:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18492 |
Actions (login required)
View Item |