PERKEMBANGAN MATEMATIKA PADA ABAD PERTENGAHAN DAN RENAISSANCE SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH

SAFNA OMEGA PINTA DEWI, 17204163095 (2021) PERKEMBANGAN MATEMATIKA PADA ABAD PERTENGAHAN DAN RENAISSANCE SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perkembangan Matematika pada Abad Pertengahan dan Renaissance Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah” ditulis oleh Safna Omega Pinta Dewi, NIM. 17204163095, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Perkembangan Matematika, Abad Pertengahan, Renaissance, Pembelajaran Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya pemanfaatan sejarah matematika dalam pembelajaran matematika di sekolah. Sering dijumpai bahwa siswa hanya mempelajari penggunaan rumus yang telah ada tanpa mengenal asal-usul rumus tersebut terbentuk dan tanpa mengetahui manfaat dari materi yang disampaikan sehingga siswa mengalami miskonsepsi. Objek kajian matematika yang berupa historis sering dilupakan oleh pendidik, menjadikan pembelajaran matematika kurang memiliki makna bagi siswa, sehingga lahirlah anggapan siswa bahwa matematika itu sulit dan menakutkan. Oleh karena itu, penting bagi siswa dan guru untuk mengetahui sejarah perkembangan matematika untuk menumbuhkan anggapan positif siswa terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini difokuskan pada sejarah perkembangan matematika di abad pertengahan dan renaissance karena pada abad pertengahan dan renaissance banyak peristiwa luar biasa yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui penyebab berkembangnya ilmu matematika di negara-negara islam pada abad pertengahan, (2) untuk mengetahui tanda awal dimulainya abad renaissance sehingga perkembangan matematika beralih dari negara-negara islam ke Eropa, (3) untuk mengetahui keterlibatan perkembagan matematika pada abad pertengahan dan renaissance terhadap pembelajaran matematika di sekolah. Penelelitian ini menggunakan jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan) dengan menggunakan sumber data berupa buku elektronik (e-book), artikel jurnal online, dan sumber-sumber lain yang membahas tentang sejarah perkembangan matematika, dan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik dokumentasi yaitu mencari data mengenai variabel berupa buku elektronik (e-book), artikel jurnal online, dan sumber-sumber lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penyebab berkembangnya ilmu matematika di negara-negara islam pada abad pertengahan adalah adanya penerjemahan secara besar-besaran terhadap karya ilmuwan-ilmuwan besar Yunani, di antaranya di bidang matematika, (2) awal dimulainya abad renaissance yaitu munculnya suatu gerakan pembaharuan yang menginginkan kebebasan berpikir untuk merubah doktrin agama yang telah lama mengekang batin orang-orang Eropa selama abad pertengahan. Semangat bangkit orang-orang Eropa semakin membara ketika jatuhnya imperium Romawi Timur oleh muslimin, dari sini seluruh aspek kehidupan mulai berkembang. Di antaranya aspek keilmuan di bidang matematika, (3) keterlibatan perkembangan matematika pada abad pertengahan dan renaissance dalam pembelajaran matematika dapat memberikan banyak manfaat bagi siswa atau guru, dan warga sekolah lain, di antaranya yaitu menumbuhkan sikap positif siswa terhadap pembelajaran matematika dan memberikan latar belakang pengetahuan dan menambah wawasan guru. Contoh cara melibatkan sejarah perkembangan matematika pada abad pertengahan dan renaissance di antaranya dengan menyediakan sumber sejarah, dapat berupa teks atau gambar yang membahas tentang sejarah perkembangan matematika pada abad pertengahan dan renaissance, dapat juga dilakukan dengan kegiatan di luar kelas dengan mengunjungi museum yang menyediakan produk matematika di abad pertengahan dan renaissance.

Item Type: Skripsi
Subjects: Filosofi
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mahasiswa 17204163095 SAFNA OMEGA PINTA DEWI
Date Deposited: 11 Feb 2021 06:12
Last Modified: 11 Feb 2021 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18529

Actions (login required)

View Item View Item